Jalan Lintas Selatan Bekasi

Tanpa harus manjadi pakar transportasi pasti kita tahu bahwa Jalan Inspeksi Kalimalang sudah overload dengan arus kendaraan yang melewatinya.  Jalan yang awalnya berfungsi untuk inspeksi saluran irigasi dan bahan baku air minum Jakarta yang berasal dari sunga Citarum itu, kini menjadi salah satu urat nadi transportasi Bekasi selain jalan raya Daendels yang terletak di sebelah utara.

Sebagai akses tercepat dan terdekat menuju kawasan industri di Bekasi, jalan ini dilewati oleh ribuan pekerja pabrik setiap harinya. Mereka yang tinggal di sekitar Bekasi Barat, Bekasi Timur, Tambun dan bekerja di 5 kawasan industri di Cikarang pasti menempuh jalan ini (dengan motor). Jangan heran jika di pagi dan sore hari ribuan motor nampak seperti laron. Jalan yang di beberapa bagian banyak lubang ini menjadi favorit (satu-satunya pilihan) para pengendara motor.

Dengan kondisi seperti itu pembangunan jalan lintas selatan Bekasi menjadi sangat mendesak. Dengan kemauan keras dan dukungan serta sinergi dari semua pihak sepertinya tidak terlalu sulit untuk mewujudkannya. Jika jalan itu terwujud maka orang-orang yang tinggal di sebelah selatan saluran irigasi Kalimalang seperti, Kota Legenda, Dukuh Bima, Jatimulya, Pondok Hijau, Podok Timur, Cikarang Baru dll tidak perlu lagi melalui Kalimalang untuk menuju kawasan industri yang sebagian besar berada di Cikarang bagian Selatan.

Jika kita perhatikan peta Bekasi sebenarnya untuk mewujudkan Jalan Lintas Selatan itu tinggal menggabungkan segmen-segmen jalan yang sudah ada di berbagai kawasan perumahan maupun industri seperti Lippo Cikarang, EJIP, MM2100, Grand Wisata, Dukuh Bima dan Jatimulya. Kondisi sekarang semua jalan raya dari arah selatan Bekasi bermuara ke Kalimalang dan jalan raya Daendels. Jika jalan itu terwujud maka dari Pondok Hijau sampai Delta Mas akan bisa ditempuh dengan aman dan nyaman. Apalagi untuk cyclist, pasti ini merupakan berkah bagi mereka karena saingan utama mereka ketika melintas Kalimalang adalah motorist.

About these ads

One response to “Jalan Lintas Selatan Bekasi

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s