Kawasan Industri Cikarang

Peta kawasan industri Cikarang

Cikarang merupakan salah satu pusat industri nasional dimana nilai ekspornya mampu bersaing dengan Batam. Kawasan Industri di Cikarang merupakan kawasan industri yang potensial mengingat sekitar 2.125 unit pabrik yang berasal dari 25 negara berlokasi di kawasan tersebut. Kawasan tersebut mampu menyumbang sebesar 34,46 % PMA Nasional, serta 22-45 % volume ekspor nasional. Pada tahun 2008 omset kawasan industri ini mencapai $35 milyar dan 70% diantaranya untuk pasar ekspor.

 Tujuh kawasan industri sudah eksis di Cikarang a.l. MM2100, Delta SIlicon I, EJIP, BIIE, Jababeka I, Jababeka II dan Delta SIlicon II. Sementara itu kawasan industri di kota Delta Mas masih dalam tahap pembangunan dan Delta Silicon II yang berada di bawah grup Lippo sedang mengalami perluasan.

Karena besarnya nilai dan volume ekspor dari kawasan ini telah muncul wacana pembangunan bandara baru di sekitar Cikarang untuk mengakomodasi arus cargo barang. Akses jalan tol dari Cikarang ke Bandara Sukarno-Hatta sudah terlalu padat sehingga mengganggu kelancaran cargo akibat seringnya terjadi kemacetan. Selain itu Pemda Kabupaten Bekasi juga sudah mulai melakukan studi kelayakan pembangunan pelabuhan di Bekasi Utara, Babelan. Pelabuhan Internasional Bekasi dirancang untuk bisa disandari kapal besar (mother vessel) dengan panjang hingga 300 meter.

Rawan kemacetan

Selain MM2100 dan Green Zone di Delta Mas  maka kawasan industri lain sangat tergantung pada akses jalan raya Cikarang Cibarusah. Jalan raya Cikarang-Cibarusah menjadi urat nadi sekaligus simpul kemacetan (bottle neck) bagi kawasan industri di Jabababeka dan Lippo Cikarang. Satu jalur saja pada jalan raya ini tersumbat bisa dipastikan kemacetan akan segera mengular mengingat begitu tingginya volume kendaraan yang melewatinya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa kebutuhan akan jalan akses antar kawasan memang sangat mendesak . Adanya jalan akses antar kawasan akan mempersingkat waktu pengiriman, mengurai kemacetan dan menurunkan biaya pengiriman (tarif tol dan bahan bakar). Bahkan jika salah satu akses terblokade (kondisi 10 Juni 2011, demo buruh di Gemalapik) maka kawasan bisa diakses melalui jalan lain. Tidak seperti kondisi saat ini. Adanya blokade di Gemalapik telah melumpuhkan kawasan ini.

Salah satu jalan akses yang harus segera diselesaikan adalah jalan tembus EJIP-MM2100. Pembangunan jalan akses ini mangkrak walaupun jembatan penghubung sudah berada di atas sungai.

Perluasan kawasan industri Delta Silicon II

About these ads

60 responses to “Kawasan Industri Cikarang

  1. Semoga Cikarang bisa menjadi suatu kota yang maju seperti Jakarta kedepannya. Juga berharap harga NJOP Rumah hunian dapat ikut dongkrak naik didaerah Cikarang. Pemerintah sudah waktunya memperhatikan wilayah Cikarang mengingat kontribusinya dalam hal perputaran bisnis, uang dan lain-lain.
    Congratulation to Cikarang dimasa depan

    • Kita senang kalau Cikarang jadi semaju Jakarta. Tetapi ada beberapa hal yang tidak boleh sama dengan Jakarta, a.l kemacetan, banjir, polusi dan semrawutnya tata ruang. Pemkab Bekasi harus bergerak cepat karena efek berkembangnya Jakarta semakin mendekati Cikarang

    • Kalau tidak salah di Cikarang ada beberapa Kampus yang akan berdiri seperti :
      1. Kampus ITSB (Institut Teknologi Sains Bandung) yang merupakan 1 bendera dengan ITB di Cikarang Pusat – Kota Deltamas
      2. Kampus ITB utk pusat riset teknologi di Cikarang Pusat – Kota Deltamas
      3. Korean University di Cikarang Pusat – Kota Deltamas
      4. Universitas Presiden di Cikarang Utara -Jababeka

      Work in Planning :
      1. Universitas Negeri Jakarta di Cikarang Selatan – Lippo Cikarang
      2. Universitas Pelita Harapan (UPH) di Cikarang Selatan – Lippo Cikarang

      • UNJ sudah memiliki lahan sejak lama di Lippo Cikarang, tepatnya di samping klaster Taman Cibodas. Tetapi pembangunannya mangkrak. Jalan-jalannya rusak, aspal terkelupas dan ditumbuhi tanaman liar.

  2. Cikarang mendapatkan sebutan sebagai Kota Industri dan Perdagangan Internasional saat ini seiring dengan perkembangan Industri Internasional dan multi nasional yang banyak didirikan di Cikarang dengan EJIP, Bekasi hyundai Industri, MM2000, Jababeka Industri, Delta Silicon 1-5.

    Diharapkan tentunya kami semua warga Cikarang menginginkan agar suatu hari Cikarang bisa menjadi sebuah Kota Mandiri yang berdiri mandiri dan berkembang pesat seperti Kota Tangsel yang bisa memisahkan diri dari Kabupaten Tangerang. Dengan didukung oleh semua lapisan daerah Cikarang Selatan, Cikarang Utara, Cikarang Timur, Cikarang Barat dan Cikarang Pusat yang sudah siap berdiri sendiri.

    • sayangnya infrastruktur antar kawasan belum terintegrasi (tersambung). selama masing-masing kawasan berjalan sendiri-sendiri tanpa mau bersinergi membutuhkan waktu yang lama untuk terciptanya kota mandiri

  3. Cikarang baru saja mendapatkan sebutan baru yaitu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) per 2010 untuk Manufaktur dan Zona Ekonomi Internasional (ZONI utk 7 kawasan Industri di Cikarang) per 2007. Diharapkan dalam 10 tahun kedepan wajah perumahan Lippo Cikarang akan semakin berkembang ditandai dengan populasi jumlah penduduk yang bertambah, jumlah pabrik yang bertambah serta peningkatan pendapatan perkapita tentunya. Untuk mengantisipasi itu semua Management Lippo Cikarang sudah mulai memikirkan langkah-langkah pembenahannya seperti :

    1. Rencana link jembatan penghubung ke kawasan Industri MM2100 dan Kota Delta mas yang akan segera direalisasikan dalam waktu 2-5 tahun kedepan.

    2. Realisasi pembangunan direct access tol km 34,7 akan segera dibuka paling lambat tahun 2012 nanti. Ini untuk mengantisipasi kemacetan dan peningkatan harga investasi.

    3. Pembangunan jalan tambahan Jembatan Layang langsung kedalam perumahan Lippo Cikarang dari exit tol cikarang barat dalam waktu 10 tahun kedepan. Ini dilakukan mengingat prediksi bahwa Indonesia akan mencanangkan negara Industri di tahun 2025 sehingga untuk mengurangi kemacetan. Karena slogan Lippo selalu mengedepankan kenyamanan tinggal dan infrastruktur yang terdepan dengan bebas banjir dan nyaman.

    4. Penyediaan lahan green area yang banyak dan ditunjang oleh berbagai fasilitas kelas atas seperti RS, Mal, Bank, Waterboom, dll dan didukung juga oleh nama besar Lippo Group dalam mengelola properti skala big land (lahan besar minimal diatas 1.000 Ha). Mengingat Lahan Lippo Cikarang adalah sebesar +/- 3.000 Ha.

    5. Pemisahan lahan yang ada sebesar 3.000 Ha yaitu : 900 Ha untuk Landed House (Hunian), 450 Ha untuk area commercial dan sisanya untuk Industri terpadu skala internasional. Jika dilihat komposisinya maka hal ini akan menguntungkan pemilik hunian karena akan dicari dikemudian hari untuk hunian tinggal dan bekerja mengingat lahan hunian yang terbatas sehingga tentunya ini akan menjadi nilai investasi yang tinggi dikemudian hari.

    Melihat data analisa tersebut bahwa Indonesia suatu hari akan mengacu pada konsep Luar Negeri dimana Jakarta hanya akan digunakan untuk Commercial area skala internasional dan Pusat Pemerintahan. Maka semua aktivitas Pabrik Industri dan lahan pekerjaan yang prospek akan menjadi tersebar diseluruh daerah tentunya ini akan menjadikan pelan tapi pasti orang akan hijrah ke luar Jakarta. Mungkin ini tidak dilakukan dalam waktu dekat memerlukan 10-20 tahun kedepan. Tapi sampai saat ini Perumahan Lippo Cikarang sudah siap menampung dengan konsep green area.

  4. Muncul wacana pembentukan Provinsi Jawa Utama, Tujuannya adalah untuk sentralisasi industri untuk kawasan utama Perindustrian Di Indonesia Barat ( Wilayah greater Jakarta ). Ini adalah wacana pemekaran bagian dari wilayah Provinsi Jawa Barat. Sedangkan nama provinsi Jawa Barat sendiri akan diganti menjadi Provinsi Pasundan, mengingat untuk menghargai jasa-jasa dan perjuangan pahlawan di wilayah bekas Negara Pasundan.

    1.Kabupaten Karawang
    2.Kabupaten Bekasi
    3.Kota Bekasi
    4.Cikampek
    5.Cikarang

    Kota- Kota Tersebut adalah Kota Indutri terbesar di asia Tenggara, dengan sentralisasi dan penggabungan tersebut di harap perekonomian Masyarakat akan semakin baik. Tetapi seperti hal wacana berarti masih dalam hal wacana yang mungkin realisasinya belum tau kapan akan diwujudkan.

    • kawasan industri diatas merupakan kawasan industri terbesar di asia tenggara? wah baru tau saya. hehe. untuk kawasan industri cikarang sendiri titik-titik kemacetan terbesar terdapat dimana ya? saya setuju dengan pembangunan infastruktur yang mendukung, terutama karena pada kawasan industri tentunya membutuhkan akses mudah antar kawasan agar mudah dalam hal pengiriman dsb…

      • itu karena banyak kawasan industri besar di Cikarang. sebentar lagi akan bertambah 1 kawasan di Delta Mas, yakni Green Zone. plus pegembangan kawasan industri yang sudah ada , Delta Silicon 3-5. tentunya nilai ekspor dari Cikarang akan semakin melonjak

        kemacetan tersebar merata di sepanjang jalan raya Cikarang-Cibarusah. simpul kemacetan a.l. pasar Serang, pasar Cibarusah, Taman Sentosa, pintu tol Cikarang Barat, Jababeka

  5. Numpang tanya, dapat info bahwa nantinya di Jalan MH Thamrin Lippo Cikarang akan dibangun Underpass serta flyover bgt yg merupakan bagian dr kesepakatan antara 7 kawasan di Cikarang dengan Pemda Bekasi, Pemprov Jabar, Jasa marga dan Pemerintah Pusat. Kalau benar dimananya yah ?? dan berapa panjangnya ??

  6. Mau tanya donk
    Emang kedepannya ada Dealer Mobil Proton dan KIA di Lippo Cikarang. Soalnya di inet sy pernah baca beritanya bahwa di Lippo Cikarang ada dealer otomotif terkenal.
    Thnks

    • Tidak menutup kemungkinan bahwa kedua merek otomotif tersebut akan membuka dealer di Lippo Cikarang. Saat ini Proton dan KIA memiliki fasilitas penyimpanan mobil (perakitan) di Delta Silicon I dan II

  7. numpang nimbrung, lg dibangun apa sih di dkt sebelah ruko ventura dan seberang sekolah tunas bangsa. Ada terlihat projek gedung setengah jadi yg dalam proses pengerjaan. tx

  8. numpan tanya, mas irawan. saya mau ke MM 2100 INDUSTRIAL TOWN
    Blok FF-2 menggunakan bis agramas. itu turun dimana ya? apakah ada angkot setelah saya turun?

  9. salam knal om, ane ilham,ane mau numpang nanya nii om…
    ane lg nyari kerja nii om di kawasan industri cikarang, tp rada susah om. kira2 om punya info lowongan gak.???
    trus ksih tau dong tips, biar cpet dpet krja di cikarang.
    thank’s iia om.

    • salam kenal juga.
      maaf, ane tidak punya info lowongan pekerjaan. coba saja di-googling, banyak kok blog2 yang memuat info lowongan pekerjaan. atau ente bisa lihat di jobsdb.com.

      mestinya sekarang dan bulan-bulan ke depan banyak lowongan di cikarang karena banyak pabrik sedang dibangun di kawasan industri delta silicon 3 (lippo cikarang)

  10. Kita semua perlu & wajib mengkaji bagai mana cikarang kedepannya,
    Kita semua harus balik lagi ke diri kita masing2 bagaimana kita bisa ikut serta dalam membangun serta mensuport cikarang,sekarang ini & kedepannya……..

  11. assalamu’alaikum….?
    salam dari saya buat smua karyawan pabrik,,mohon opabila ada lowongan kerja kasih tau dong,,saya anak smk ingin bekerja di perusahaan delta silikon….
    no saya 087723532634

  12. Besok, 11 Januari 2012 beberapa serikat pekerja berencana untuk melumpuhkan kawasan industri di Cikarang. Salah satunya mereka akan memblokade akses masuk ke kawasan industri MM2100

  13. saya mau sedikit bertanya tentang kawasan industri ini, kira-kira kalau say aingin mengetahui luas masing-masing kawasna ini, adakah bapak memiliki datanya? serta dominasi masing-masing kawasan industri itu? misalnya MM2100 itu otomotif kan? atau jababeka dominasinya apa?

    nah saya ingin menceritakan secara detail kawasan industri ini untuk menjadi tulisan di http://www.hariandetik.com, versi epaper atau koran elektroniknya detik.com..trim..saya di budialimuddin@gmail.com : 081370957722 ponsel saya

    • anda bisa menghubungi kantor pengelola masing-masing kawasan industri.

      sepengetahuan saya berbagai industri tersebar merata di tujuh kawasan industri, tidak ada yang dominan.

  14. Saya suka tulisan Anda buat di blog ini. Cara penyampaiannya pun ‘bersahabat’, informatif tanpa menggurui. Semoga makin sukses ke depannya. Salam kenal :)

  15. Salam kenal mas irawan…
    Kalau area gemalapik ada rencana pengembangan apa ya ke depannya. Karena daerah tsb masih blm rame dan gelap. Hanya jadi jalan alternatif kalau macet dari jababeka mau ke lippo atw ejip

    • agak susah nih transportnya. naik bus Primajasa (Bandung – Jababeka) turun di pintu tol Cikarang Barat, naik angkot nomer 17 atau 33 sampai perempatan EJIP. disambung ojek ke AHM (MM2100).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s