Schlieper – Cap Mata dan pisau komando

Dulu bapakku selalu membanggakan perkakasnya yang memiliki Cap Mata mulai dari cangkul, gergaji, gunting, sampai kapak. Meski demikian beliau tidak menjelaskan lebih jauh apa yang membuat perkakas-perkakas dengan Cap Mata memiliki kualitas yang bagus. Sampai akhirnya kemarin karena ingin melakukan proyek DIY maka aku bermaksud mencari gergaji di pasar tradisional Serang, Bekasi. Dan, penjualnya seorang nenek yang katanya sudah 30 tahun berjualan di pasar tersebut ternyata beliau menyarankan sebuah gergaji dengan Cap Mata (Schlieper) yang ditawarkan seharga 85 ribu. Karena menurutku terlalu mahal pilihanku jatuh pada gergaji merek Suntech seharga 35 ribu (ditawar dari harga 55 ribu).

Cap Mata - Eye Brand (Sumber: knivesplus.com)

Sampai di rumah aku penasaran dengan Schlieper/Cap Mata ini. Setelah 20 tahun yang lalu bapakku memberitahukan keunggulan Cap Mata kini seorang penjual perkakas memberitahukan hal serupa. Hasil dari googling ternyata Schlieper ini buatan pabrik sejata tajam Carl Schlieper, Solingen – Jerman.

Kota Solingen memang terkenal sebagai pusat produksi senjata tajam dan alat-alat pemotong sejak tahun 1300-an. Ini dikarenakan di daerah tersebut terdapat tambang besi dan batubara serta sebuah sungai yang bisa menggerakkan kincir-kincir air untuk proses pengerjaan logam. Produk mereka sudah diekspor sejak jaman dahulu (jaman penjelajahan samudera oleh orang-orang Spanyol dan Portugis) hingga sekarang.

Beberapa pasukan khusus termasuk di antaranya Kopassus juga memakai pisau komando buatan Carl Schlieper ini. Meski demikian kini Kopassus memakai pisau buatan dalam negeri dari Hegarmanah, Bandung (Kardin Pisau Indonesia) yang kualitasnya mampu bersaing dengan pisau-pisau buatan Jerman dan Inggris.

Kopassus dengan pisau komando Cap Mata (sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=896476&page=2)

19 responses to “Schlieper – Cap Mata dan pisau komando

  1. saya bermaksud membeli perkakas cap mata tapi saya tdk tau harus beli kemana,saya minta tlg dikabari alamat penjual perkakas cap mata tsb, tks

    • saya sendiri menemukan secara tidak sengaja perkakas Cap Mata di pasar tradisional Serang, Bekasi.

      kemungkinan besar perkakas-perkakas tersebut masih bisa ditemukan di pasar-pasar tradisional. sementara di supermaket bangunan atau pasar moderen kebanyakan adalah perkakas buatan Taiwan, Cina dan Jepang

  2. Maaf, kebetulan saya lagi googling mengenai cap mata (yg kebetulan saya bekerja sbg supplier cap mata)
    Bila minat dgn produk2 cap mata (eye brand) bisa hubungi saya di novi_elyana@yahoo.com
    *Maap yah Pak Irawan, saya jadi numpang promosi diblog ini :-)
    Trims.

  3. kalau gunting cap mata bagus g PAK …??kebetulan ALMARHUM AYAH saya punya.tp sdh lama dan tidak tajam lagi… bgmn caranya biar tajam PAK…??

    • semua cap mata (tentunya yg asli) pasti bagus pak. bajanya memang berkualitas tinggi. masih bisa diasah biar tajam lagi. bapak saya yang penjahit dulunya juga memakai gunting cap mata :)

    • sepertinya pisaunya terlalu getas pak. harus di-annealing supaya lebih liat/ductile. tetapi anda harus membawa ke pakarnya. jika salah heat treatment justru membuat pisau menjadi terlalu lunak

  4. pak saya punya pisau cap garpu ada tulisan fareder, gagangnya dari perak berukir dan sarungnya bergambar bunga dari perak juga panjang dalam sarung 12 in, kira kira ini buatan tahun berapa ya pak

Berikan Balasan

