Cobek Batu Bulat Gunung Condong No.3

Cobek batu ini terbuat dari batu asli Gunung Condong, yang terjamin kwalitasnya.

Cara penggunaan : Sebelum dipergunakan harus dicuci dahulu dengan sabun, lalu digosok dengan sikat.

Diproduksi oleh:

Toko “Suparman”

Telp : (021) 4240037

Tulisan tersebut terdapat pada cobek batu yang kubeli dari HomeCenter Mall Lippo Cikarang. Cobek batu bulat no.3 harganya 25.000 sedangkan Ulekan batu no.3 harganya 12.500. Jadi satu set ulekan batu harganya 37.500.

Aku memutuskan untuk membeli cobek batu karena cobek kayu susah sekali dipakai menghaluskan bumbu akibat permukaannya terlalu halus. Selain itu bumbu yang diulek dengan cobek batu akan memberikan rasa yang khas.

Cobek batu bulat Gunung Condong No.3

17 responses to “Cobek Batu Bulat Gunung Condong No.3

    • masih lebih murah dibandingkan cobek dari tulang batu. harga per sentimeter 5000 rupiah. jadi jika cobeknya berdiameter 20 cm harganya 100.000 rupiah :). meski demikian pengerjaannya sangat halus. sepertinya dengan mesin

  1. saya mau beli lumpang dari batu asli.berapa harganya kalau ukuran diameternya 15 Cm,dgn ketebalan dindingnya 2 1/5 Cm,tinggi 11 1/2 Cm, kedalaman lobang 7 1/2 Cm.dari dasar lobang sampai dasar lumpang 4 Cm.panjang ulegkannya 15 Cm lurus membesar pd bgn bawah,dgn ujungnya bulat.lingkaran bgn bawah 12 Cm,lingkaran atas 11 Cm.finishing halus,tdk berpori kasar.kalau cocok harga dan mutu sesuai order,saya ingin memesan 10 set

    • lumpang batu dengan model dan ukuran tersebut biasanya banyak dipakai untuk menumbuk jamu. saya coba lihat-lihat di pasar tradisional. jika barangnya ada nanti saya kasih info

  2. Saya memproduksi berbagai macam cobek dan lumpang dari batu alam asli dengan berbagai macam ukuran..kalo berminat bisa menghubungi saya di 022 91501850. sebagai tambahan saya menyuplay barang tersebut ke supermarget Yogya&Griya supermarket.

    • sukses juga buat cobek batu jawa.
      ini blog pribadi pak, bukan blog jual-beli jadi tidak ada orderan di sini :)
      nanti kalau jadi ke malang mungkin mau mampir.
      tokonya di mana ya pak?

  3. hai pak irawan,
    saya florinancie hari ini saya membeli cobek sama persis dgn yang pak irawan beli tetapi saya membelinya di Giant Plaza Semanggi dengan ukuran cobek batu bulat No.4 Gunung Condong dan diproduksi oleh toko Suparman, tadinya saya ingin membeli satu set tetapi sebelum sampai kasir saya coba ketok2 ujung ulekannya tp agak hancur dan ada serpihan kecil jadi saya putuskan untuk beli cobeknya saja harganya Rp.24.000,-

    setelah sampai dirumah saya langsung minta pendapat ibu saya apakah ini dari batu asli atau tidak dan kami coba untuk mengeriknya setelah saya cuci bersih namun pada saat saya kerik saya langsung mendapatkan serpihan2 halus seperti semen atau pasir, saya masih belum paham benar apakah saya beli cobek batu asli atau tidak,

    lalu saya coba lagi dengan menggetokan ujung cobek yang saya baru beli dengan ulekan batu yang ibu saya punya pada saat saya coba ternyata ujungnya langsung hancur sedikit2 dan serpihannya seperti camuran semen dan pasir dan disitu saya bisa ambil kesimpulan sepertinya saya tidak membeli cobel asli dari batu hari ini.

    • sayang sekali anda tidak mendapatkan cobek batu asli. memang sekarang banyak beredar cobek yang dicor dari semen. biasanya cobek batu andesit permukaannya kurang halus. ada bekas pahatan saat pemebentukannya.

      di pasar tradisional penjualnya biasanya bisa menunjukkan/merekomendasikan mana cobek semen, cobek batu biasa dan cobek urat/tulang batu.

  4. Terimakasih atas jawaban-jawaban bapak irawan ttg cobek. Pak mohon diperjelas lagi perbedaan antara cobek batu dan semen. Bgm cara membedakannya lebih jelas. lalu kalau saya ingin membeli untuk dijual kembali, mungkin bpk bisa merekomendasikannya. Posisi saya di jakarta pak.
    Terimakasih banyak pak irawan.

    Ricky

    • Sebenarnya saya sendiri tidak tahu banyak tentang seluk beluk cobek batu.
      Berdasarkan pengalaman saya, cobek batu asli lebih kasar daripada cobek semen. Ada bekas pahatan-pahatan pada cobeknya.
      Kecuali cobek dari tulang batu yang memang dikerjakan dengan mesin maka cobeknya sangat halus. Tetapi jarang sekali kita temukan karena harganya sangat mahal.

      Salah satu sentra cobek batu yang saya ketahui adalah di Dau, Kabupaten Malang.
      Coba anda cek http://cobekbatu.wordpress.com barangkali ada cobek yang sesuai dengan kebutuhan anda

    • ada dua jenis cobek batu asli….
      1. di pahat pakai manual, biasanya tekstur agak kasar, ada bekas pahatannya.. dari segi warna cobek batu asli itu warna natural batu agak keabu-abuan ,, klo cobek dari semen warna kebanyakan hitam
      2. cobek batu di pahat pakai mesin.. tekstur agak halus di banding dengan yang pahat manual,
      saya pengrajin cobek batu asli dari tulungagung jawa timur, cobek batu dari saya di pahat pakai mesin..
      jika bapak berminat hubungi di no 081335572924 (koko)
      terima kasih

  5. saya pengrajin cobek batu asli dari tulungagung… saya mau menawarkan hasil kerajinan cobek batu dari tulungagung…
    jika bapak berminat hub saya di no ini 08563656964

  6. Pak Irawan, saya baru saja membeli lumpang batu di sebuah toserba, kemudian sesamapinya di rumah lumpang tsb saya cuci dgn air, setelah itu saya iseng mengisi lumpang tsb dgn air sampai penuh, lalu saya letakkan di meja dapur, setelah beberapa jam ternyata airnya merembes keluar melalui bagian bawah dan sebagian sisi samping, apakah lumpang saya ini lumpang semen atau lumpang batu asli?
    Terima kasih sebelumnya.

    • menurut saya baik lumpang batu atau lumpang beton cor bisa retak/mempunyai pori-pori. jadi rembesan air tidak bisa dijadikan indikator keaslian. saya mengecek keaslian lumpang/cobek berdasarkan ingatan masa kecil ketika sering bermain-main dan menjumpai batu-batu andesit di sungai. warna, butiran, urat batunya khas :)

Tinggalkan Balasan

