Demo buruh Cikarang | MM2100, EJIP, JABABEKA

Kecuali Apindo mencabut gugatan mereka di PTUN atas kenaikan upah buruh maka minggu depan 16-20 Januari 2012 akan menjadi hari-hari yang melelahkan. Tidak saja bagi buruh demonstran tetapi juga bagi khalayak yang kehidupan sehari-harinya bersinggungan, tersangkut-paut atau bahkan bergantung pada kawasan industri di Cikarang (MM2100, EJIIP, Delta Silicon, Jababeka, Hyundai).

Kawasan Industri Cikarang

Kemacetan bisa dipastikan akan terjadi karena berdasarkan rilis yang dikeluarkan oleh gabungan beberapa serikat buruh mereka akan menggelar aksinya di lokasi-lokasi strategis (simpul lalu-lintas). Aksi-aksi sporadis memang tidak akan memacetkan lalu lintas secara total. Tetapi berdasarkan pantauan demo pertama yang terjadi pada Rabu, 11 Januari 2012, aksinya cukup masif dan menyebabkan akses MM2100 terblokir total.

Jika aksi demo buruh di MM2100 kemarin semacam test case maka aksi demo beberapa hari kedepan bisa dipastikan akan melumpuhkan Cikarang secara total. Aksi yang berpusat di perempatan EJIIP/Lippo Cikarang dan patung kuda Jababeka akan meyebabkan poros Cikarang-Cibarusah lumpuh. Jika hal itu terjadi maka distribusi barang maupun sistim rantai pemasok industri-industri di kawasan ini akan kacau.

Sebagai contoh pabrik tempatku bekerja memiliki pemasok di Hyundai, Delta Silicon I dan Jababeka II. Katakanlah MM2100 tidak terblokir tetapi pengiriman material dari pemasok-pemasok di ketiga kawasan industri di atas terhalang maka kondisinya sama saja tidak akan bisa berproduksi.

Bagi kita yang bekerja di kawasan industri Cikarang bersiap-siaplah mencari jalan pintas. Beberapa pabrik mencoba mensiasati hal ini dengan mengubah jam kerja. Salah satunya mengubah jam kerja dari 07:00~16:00 menjadi 14:00~21:00. Ini dengan asumsi di sore hari aksi demo sudah mereda atau membubarkan diri. Akan tetapi jika aksi demo besok semilitan aksi kemarin maka tampaknya kemacetan akan terjadi sampai sore hari.

Rilis demo buruh|Buruh Bekasi Bergerak

 

Penghentian aksi demo Buruh Bekasi Bergerak

About these ads

21 responses to “Demo buruh Cikarang | MM2100, EJIP, JABABEKA

  1. Ada selentingan demo buruh pagi ini dibatalkan karena Apindo sudah mencabut gugatannya di PTUN Bandung. Jika benar demikian ancaman buruh untuk “melumpuhkan” Cikarang terbukti efektif :)

  2. blog nya mantep betul mas…
    lebih enak dilihat daripada detik atau kompas, and lebih detail jg beritanya…
    top markotop deh mas !!!!

      • Ternyata kita kcolongan,.
        Hari ini sluruh prusahaan di sweeping serikat pkerja.
        Pendemo mendatangi smua perusahaan dan meminta karyawan untuk menghentikan kegiatan produksi.
        Sampai sore ini pun demonstran msih memadati jalanan kawasan Industri MM2100.

  3. Hari ini di Jababeka XII dan sekitarnya, para pendemo mulai berkumpul dan mencari dukungan!!Saya jadai Pulang terlambat nih…mudah-mudahan bisa aman terkendali!!

  4. Imbasnya bikin macet jalan tol, banyak orang yg jd korban… para buruh yang beriman dan yakin dengan pertolongan Allah…marilah kita berjuang untuk memperbaiki taraf hidup dan menolong para buruh lain yg tidak berdaya, kita perjuangkan semua yang menjadi hajat hidup para buruh…tapi jangan sampai membuat ulah yang arogan…merusak…bikin macet…

    banyak orang lain yang tidak ada hubungannya dengan urusan kalian menjadi korban…itusih namanya mikirin kepentingan kelompoknya sendiri…ngg usah spt itu…kalo mau memperjuangkan aspirasi buruh mari kita cari jalan yang lebih cerdas..cermat..keras..dan jangan tanggung2, supaya perjuangan kalian tidak sia-sia, cuma merugikan orang lain dan diri sendiri, capek kan..

    apalagi sekarang ini banyak pengusaha yang tebal muka, dan tuli tdak mau peduli penderitaan banyak orang.. bukan hanya buruh pabrik mas yang menderita…tidak sedikit orang2 dikalangan BUMN hidupnya terpuruk ! itu harus kalian tahu…karena perjuangan itu harus ada koordinasinya dengan baik…

    jangan sampai kesalahan para pendahulu yang gagal karena tidak ada koordinasi yang baik terulang kembali….selamat berjuang/// hidup para buruh, kami mendukung kalian !

    • saya sependapat dengan anda. kalaupun berhasil itu di atas penderitaan orang lain. lalu apa nilainya?

      yang tidak bisa saya terima mereka sampai meneror perempuan dan merusak properti pabrik. dalam peperangan saja perempuan, anak-anak dan lansia tidak boleh diusik apalagi sekedar dalam perjuangan mendapatkan kenaikan UMK

      • kami para buruh bukan para pecundang kami hanya berjuang untuk mendapatkan hidup sejahtra.jadi tolong lah kalian sadar buruh juga putra/putri indonesia yang tidak dipatut di jajah hakny.karna bangsa indonesia telah merdeka

  5. apa kalian tega melihat soudara kita selalu diinjak2 harga dirinya.coba kalian rasa kan penderitaan seperti mereka apakah kalian siap menerima cobaan itu. jadi kita haruh sadari kita ini hanya manusia biasa tak akan hidup abadi selamanya.mereka itu saudara kita jadi kita patut menghargainya semua pendapat mereka dan menghormatinya.walau kita di batasi oleh jabatan atau waktu.

  6. semua org merasa pendapatnya benar. bener nya sendiri.
    hidup ada pro dan kontra.
    tapi pro dan kontra jangan anarkis itu saja.
    buruh merasa dijajah…?! apa benar selama kerja ngak dapat apa2.? jangan muna
    ini hanya mengenai angka!?
    kalo mau cukup atau lebih cari yang bisa kasih lebih.
    kalo semua kaya siapa yg miskin.
    kalo sudah layak semua siapa yg mau lembur? bagai mana dengan target produksi.?
    bisa dicapaikah?
    tapi ya terserah. aku dukung semua asal deo lah yg baik n damai.
    1 lagi
    HIDUP LAYAK.? apa bisa semua itu dipenuhi Pengusaha.? 3,7 yakin sudah cukup. apa ngak 10juta saja.
    saya kira selama pemerintah tidak bisa mengatur kenaikan bahan pokok, ya gak akan ada kata hidup layak.

    saran saya sich. tidak ada pengusaha yang menjadi DPR atau aparatur Negara.
    karena siapa sich yang ngak mau untung jadi pengusaha.?

    tapi ya sudah lah
    ngak ngaruh juga buat saya.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s