Jembatan Penghubung MM2100 – EJIP

Jembatan penghubung MM2100 – EJIP merupakan salah satu proyek infrastrutur untuk menyatukan tujuh kawasan industri di Cikarang untuk membentuk ZONI (Zona Ekonomi Internasional). Sejak digagas pada tahun 2007 beberapa infrastruktur sudah terselesaikan, a.l Fly-over Cikarang di depan pintu keluar tol Cikarang Barat dan jembatan kembar MH Thamrin di Lippo Cikarang. Sementara exit tol di KM 34,7 sedang dalam tahap pembangunan (pemancangan tiang).

ZONI meliputi kawasan industri MM2100, EJIP, Delta Silicon I & II, BIIE, Jababeka I & II dan Delta Mas.

Gambar di bawah adalah pembangunan jembatan penghubung antara MM2100 dengan EJIP/Delta Silicon.

Jembatan penghubung EJIP-MM2100

 

Selama jembatan sebelum jadi jika anda memakai motor anda bisa memanfaatkan jasa penyeberangan di samping jembatan. Cukup 1000 rupiah. Sayangnya dalam kondisi curah hujan tinggi  Sungai Cikarang sering banjjir sehingga rakit penyeberangan tidak bisa beroperasi. Hal ini menyebabkan pengendara motor harus memutar lewat Kalimalang.

 

Sungai Cikarang, kondisi setelah hujan

 

 

 

Sungai Cikarang, kondisi sedang banjir (13 Oktober 2010)

 

 

Iklan

25 responses to “Jembatan Penghubung MM2100 – EJIP

  1. Boz, dari taon kapan sampai 2009 mau berakhir, ni jembatan belom rampung juga.
    Tapi kelihatan sekarang udah mulai dikerjakan lagi.
    Terpaksa deh kalo naek motor mau ke MM2100 atau Bekasi, mesti muter-muter and naek getek :)).

    • Entah apa yg menjadi kendala pembangunan jembatan ini, kalo dari segi finansial kita yakinlah dengan kocek Lippo Cikarang dan MM2100. Ada selentingan warga tidak mau melepas tanahnya untk pembangunan jalan tembus kecuali dengan harga yang sangat tinggi.

  2. Saya akan pindah ke Lippo Cikarang Pa.Irawan……
    Jika Jembatan dan Akses Jalan-nya sudah Rampung…..tapi lama amat ya……terpaksa harus lewat jemabatan perahu tiap hari kerja 2×1000 rupiah….sama spt bapak di LG yah…….Wah….kelamaan neh…sampe kapan akses ini bisa dipergunakan………….TOLONG Dech………..!!! Capek dech pa.irawan…….pake perahu truzzz apalagi musim hujan…………!!!!!!!

    • Lewat jembatan perahu (EJIP) bisa mempercepat waktu tempuh 10 menit dari LC ke MM2100 dibanding lewat 5 perahu (Delta SIlicon)

  3. Selamat sore pak,

    Jembatannya kira2 jadi tahun berapa ya? (maksudnya bisa dilewati mobil maupun motor)
    Sehubungan sekarang sudah tahun 2010, mungkin sudah ada planning yang lebih jelas dan clear….

    Trims

    • selamat sore,

      sampai saat ini belum ada informasi kapan jembatan tersebut akan tersambung dengan MM2100. meskipun jembatan tersebut amat sangat vital bagi kedua kawasan industri yang bertetangga nyatanya sampai sekarang masih mangkrak.

      mestinya yang harus ditanya adalah PT Megalopolis Manunggal selaku pengelola MM2100 karena akses dari arah Lippo Cikarang sudah siap untuk dilewati. Sedangkan dari MM2100 belum ada perkembangan berarti baik jalan akses maupun penyambungan jembatan.

      masih beruntung pengguna sepeda motor seperti diriku karena bisa melewati jalan tikus dengan dibantu rakit penyeberangan sehingga tidak perlu memutar. yang paling ribet tentu saja pemakai mobil karena harus memutar lewat tol.

      andai saja jembatan tersebut sudah bisa dilewati maka akan mempercepat pengiriman barang antar kawasan, mempersingkat waktu tempuh dan menghemat biaya (bbm & tol).

  4. salam kenal boss.,

    sebagai pengguna perahu penyebrangan, capek juga sih… kalo tiap hari harus bayar.
    Rp.1.000 x 2 x 5 hari kerja = Rp 10.000 = 2.2 ltr premium.
    lumayan bensinnnya…. cukup buat lima hari kerja..(bolak-balik).
    mau sampe kapan..????
    saya berharap, semua elemen (pemerintah dan masyarakat) bisa memikirkan kepentingan orang banyak. toh kalo jembatan itu jadi masyarakat sekitar pasti akan mendapatakan dampak ekonomi yang baik.
    pemerintah harus bertindak tegas terhadap segelintir masyarakat dan oknum yang menghambat laju pembangunan di sektor riil, seperti jembatan tersebut.

  5. mohon jembatannya diselesaikan, karena saya salah satu yang aktif melewati jembatan tersebut. sedikit sangat kecewa dengan prilaku orang2 yang memungut uang Rp 1000 per lewat. saya hampir lebih 4 kali sehari melewati jembatan dan harus membayar sebanyak kita melewatinya. saya keberatan kalau 2000/hari saya ga keberatan, tapi si pemungut sangat tidak sopan dengan saya saat saya tidak memberikan 1 kali lewat krn saya merasa sudah byr 3 kali lewat dlm sehari itu. saya diteriakin. mohon pemerintah untuk lebih tegas lagi dengan hal2 seperti ini. terima kasih

  6. Ya betul saya juga berharap direct access ke dalam perumahan Lippo Cikarang di Km 34,7 dpt segera dibuka. Dari tahun kapan sudah dipromosikan sampai sekarang tdk kunjung jadi2. Apa masalahnya sih segitu lamanya ??
    1. Ijin proyek, saya rasa sudah dpt dr kapan tau oleh jasa marga bahkan pihak jasa marga sudah beberapa kali memberi ultimatum untuk segera dipercepat pengerjaaannya.
    2. Finansial, Saya rasa tdk juga secara Lippo gt loh dengan big Properti di Indo. Cuman apa karena ada hambatan dengan pihak2 sekitarnya seperti Jababeka yang tidak mau ikut sharing. Gampang Bos ditutup aja akses ke Jababekanya pas saat exit tol dlm perumahan ke Lippo. Toh scr lokasi antara Lippo dengan Jababeka berlawanan arah ini. Memang sebel juga berhubungan dengan si Jababeka yg tidak mau keluar duit sepeser pun padahal dia punya industri itu cukup bikin ruwet dan macet saat jam pulang dan pergi di sepanjang jalan menuju tol.

    • Sepertinya ego kawasan juga ikut andil di sini. Masing2 tidak mau bersinergi dan menganggap akses antar kawasan akan menguntungkan pesaingnya.

      Salah satu isu beredar tentang masih terputusnya jalan akses Lippo Cikarang ke Delta Mas (Pemkab Bekasi) adalah karena Lippo khawatir jika akses tersebut dibangun konsumen lebih memilih perumahan di Delta Mas yang harganya lebih murah tetapi mereka masih bisa menebang fasilitas Lippo.

      • Menurut saya wajar yah kalau Management Lippo berpikir seperti itu mengingat kerja keras Lippo mengembangkan Cikarang itu notabene sendiri tanpa bantuan finansial dari Pemda. Adapun kalau bukan Group Lippo yang masuk ke Cikarang 20 tahun yang lalu, saya tidak bisa bayangkan apa jadinya sekarang Cikarang. Bisa dibayangkan pasti akan menjadi suatu kawasan yang kumuh, tidak terurus dan berkembang sepesat sekarang. Cikarang itu 20 tahun yang lalu adalah kawasan bukit yang benar-benar gersang dan sepi, kalau bukan sekelas Lippo Group yang pegang saya rasa ga bakalan ada yang kuat mengembangkan lahan sebesar kurang lebih 5.500 ha tsb. Jelas wajar yah kalau dia sedikit menutup diri dengan akses perumah Delta Mas karena memang dari pihak Management Sinarmas group sendiri tidak mau juga join membuka diri. Lihat Jababeka yang diajak join buka direct access tol ke Cikarang di Km 34,7, notabene Jababeka aja mundur tidak mau atau mungkin tidak memiliki cadangan dana yang cukup. Jadi menurut saya wajar yah akses penarikan infrastruktur Tol itu langsung ke dalam perumahan Lippo Cikarang sendiri memakan biaya yang tidak sedikit kenapa harus dibuka kemana-mana. Yang ada nanti mana banyak truk container dan gandeng yang memanfaatkannya, kalau mau yah mereka beli donk properti Lippo Cikarang. Masalah Delta Mas menurut saya dulunya bahkan mereka menjual rumah jauh lebih mahal dibandinga harga Lippo tetapi justru sekarang mereka banting harga karena memang kurang peminatnya mengingat tidak adanya fasilitas apa-apa disana seperti : Mal, Rumah Sakit International, Sekolah Internasioanl, bahkan sampai Ruko-Ruko Commercial yang sudah eksis pun belum jalan. Menurut kenapa Lippo harus takut dengan Delta Mas bahkan bukannya Lippo Cikarang itu sendiri dikepung dengan 2 produk Sinarmas yaitu Grand Wisata di Bekasi Timur dan Kota Delta Mas di Cikarang Pusat. Tetapi mana nyata-nyatanya dahulu mereka semua menjual produk rumahnya jauh lebih mahal daripada Produk Lippo tetapi sekarang justru jauh dibawah harga rumah Lippo Cikarang. Saya pribadi tidak begitu suka produk Sinarmas yang cenderung angin-anginan lihat produk Sinarmas yang berkembang hanya BSD City itupun semenjak Summarecon masuk diera tahun 2005 disana yang memicu persaingan semua properti. Saya lebih respek dan nyaman tinggal di perumahan properti Lippo mengingat lebih konsisten, nyaman dan berkelas.

  7. Kira-kira Cikarang kalau mau jadi pisah dari Kabupaten menjadi Kota berapa lama lagi yah, dan apa kira-kira bisa gitu seperti : Kota Tangsel di Tangerang yang baru memisahkan diri menjdi Kota tahun 2008. mengingat di Cikarang kan ada 5 Kecamatan masing-masing : Kecamatan Cikarang Pusat dengan Kota Deltamas/Sinarmas Group, Kecamatan Cikarang Barat dengan MM200, Kecamatan Cikarang Timur, Kecamatan Cikarang Utara dengan Jababeka dan Kecamatan Cikarang Selatan dengan Lippo Group. Harusnya sih bisa yah menurut saya dengan pengabungan ke-5 Kecamatan tersebut dan menjadi suatu Kota Mandiri baru.

    • Dari segi PAD saya rasa Cikarang bisa bersaing dengan Tangsel. Kalau tidak salaj 45% nilai ekspor Indonesia berasal dari kawasan Cikarang. Yang jadi kendala adalah belum tersambung/menyatunya infrastruktur antar kawasan sehingga mobilitas orang maupun barang menjadi tersendat.

  8. Menurut saya bukan dari Lippo Cikarang yang menutup akses ke Deltamas maupun sekitarnya, hanya kalau dari pihak yang ingin disambungin aksesnya belagu mentang-mentang merasa jadi Pusat Kantor Pemda Kabupaten Bekasi. Karena menurut saya yah dengan tidak dibukanya akses kesan juga tidak membuat mati Lippo Cikarang tetapi justru yang mati adalah pihak penghuni Deltamas yang notabene memanfaatkan fasilitas Lippo Cikarang mulai dari : Mal Lippo Cikarang, RS Siloam, RS Harapan Keluarga, RS Hosana, Waterboom LC, Hotel Sahid, Sekolah Internasional Pelita Harapan sampai sekarang hadirnya Citywalk Lippo Cikarang. Bicara kasarnya yah di Kota Deltamas itu sepi tidak ada apa-apanya, sekedar Mal, RS, dan Ruko-Ruko Commercial yang sudah jalan saja tidak ada macam aneka bank-bank, Asuransi, Agent Properti Raywhite, Showroom Mobil Toyota, Showroom Honda, Showroom Nissan dan berbagai produk lainnya. Jadi menurut saya kenapa harus takut bersaing dengan mereka yang tidak memiliki apa-apa hanya karena pusat kantor Pemda kabupaten bekasi yang kalau mau cari makanan saja disana susah bangat dijumpai apalagi mencari makanan branded macam MC Donalds, KFC, Hoka Hoka Bento, sampai makanan lainnya mereka harus ke Lippo Cikarang bela-belain turun kesana. Lihat properti Kota Wisata yang minim Fasilitas sekarang lihat harga jual dan sewa rumahnya yang jatuh dan ditinggalkan penghuni. Sebuah properti bisa berkembang dan mahal harganya dilihat dari banyaknya fasilitas yang tersedia atau tidak seperti saat ini di kawasan Serpong – Tangerang yang banyak memiliki fasilitas Mal seperti SMS, Teras kota, Living Word, RS, Universitas Atmajaya, Universitas Binus, dll sampai wisata kuliner branded maupun non branded. Itu permasalahannya kenapa Lippo tidak perlu membuka diri dengan yang lainnya yang hanya notabene cuman manfaatin fasilitasnya saja sedangkan dari pihak Propertinya sendiri tidak mencoba mengajak join.

  9. Oh yah mengenai pembukaan direct access tol di KM 34,7 langsung ke Perumahan Lippo Cikarang dan Kawasan Industri Delta Silicon Lippo Cikarang akan dibuka paling lambat menurut informasi yang tepat adalah paling lama akhir tahun 2012 nanti. Sehingga nanti diperkirakan dengan deibuka akses tol tsb akan menjadikan nilai jual commercial Lippo Cikarang akan semakin naek…
    Jadi kalau yang mau invest buruan beli dari sekarang sebelum anda semua kebagian kenaikan harga yang drastis.

  10. Jelas harus naik donk nilai investasi rumah di Lippo Cikarang, mengingat namanya juga orang sudah invest beli tentunya mengharapkan mendapatkan return yang tinggi. Menurut saya saat ini adalah yang tepat untuk investasi rumah di Lippo Cikarang mengingat saat ini Lippo sedang gencarnya untuk pengembangan.
    Hal ini ditandai dengan perombakan management Direksi serta banyaknya pembangunan serta rencana besar yang akan dilakukan oleh management dalam beberapa tahun kedepan.

    • Mungkin, yang membeli rumah untuk dijadikan tempat tinggal jarang berpikir sampai ke situ (termasuk saya). Kami hanya merasa beruntung membelinya disaat harga masih murah 🙂

  11. Sekarang saya lihat di Lippo Cikarang banyak perubahan besar. Padahal baru saja saya tidak ke Lippo Cikarang 3 tahun, terakhir saya kesana tahun 2007. Sekarang saya iseng-iseng main dan takjub dengan perkembangannya yang sudah banyak berubah seperti : Citywalk LC, MC Donald’s, Pom Bensin Shell, Dealer Nissan, serta banyaknya pembangunan cluster hunian baru seperti : Vassa Residence, Mega Cluster Elysium.

    Denger-denger juga akan dibangun tol di KM 34,7 yah ke dalam Lippo Cikarang… wow keren kayak Delta Mas dan Grand Wisata. Mantep beda bangat ama yg dulu sekarang Lippo semenjak ganti RUPS sususan Direksi barunya Oke bangat…

    Maju terus Lippo Cikarang ….
    Nyesel ga beli dulu… sekarang da mahal bangat hampir 1 M dibelakang lagi….

    • memang perkembangan selama 3 tahun terakhir ini pesat sekali. yang bapak sebutkan itu belum termasuk perkembangan kawasan industri Delta Silicon 3-6 yang kini proses pembangunannya dikebut siang malam.

      bukit-bukit kecil yang terletak antara desa Cicau dan kantor Pemkab Bekasi kini mulai rata. industri-industri juga sudah masuk dan berdiri di Delta Silicon 3. kawasan industri tersebut nantinya akan memiliki akses langsung ke exit tol 34,7

  12. Saya hanya mau tanya satu hal saja…
    Dengan berkembangnya kawasan Lippo Cikarang; apakah semuanya ini membuat kualitas hidup kita bertambah dan punya value bagi sesama kita…?
    Saya justru kwatir tempat2 hiburan malam dan segala hal tsb justru menjadi tantangan yg bisa buat anak/cucu kita terpengaruh…
    -Solie Deo Gloria-

    • Saya juga mempunya kekhawatiran yang sama. Meskipun lokasinya jauh dari tempat tinggal saya di Taman Cibodas, tetapi beberapa pekerjanya ada yang tinggal di lingkungan kami yang sayangnya kurang menjaga sopan-santun berpakaian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s