Checklist sebelum membeli rumah

Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan ketika akan membeli rumah.

1. Lokasi
a. Seberapa jauh dari tempat kerja? Mungkin rumah yang anda beli cukup murah tetapi membuat anda mengeluarkan biaya transport yang cukup tinggi karena lokasinya terlalu jauh.
b. Jalan akses. Seberapa lebar jalan akses ke sana. Yang dimaksud di sini adalah jalan menuju komplek perumahan anda, bukan jalan di dalam komplek. Bisa saja jalan di dalam komplek row 12 tapi jalan aksesnya lebih sempit. Hal ini berpotensi menimbulkan kemacetan. Perhatikan juga apakah ada simpul-simpul kemacetan seperti pasar tumpah, pabrik, dll.
c. Bebas banjir. Jika memungkinkan, survei lokasi perumahan di saat musim hujan. Jika anda men-survei pada musim kemarau maka perhatikan seberapa lebar dan dalam saluran airnya. Jika air menggenang dan tidak mengalir dengan lancar maka ada kemungkinan akan meluap di musim hujan.

2. Air bersih
Disarankan agar memilih perumahan yang memiliki jaringan air bersih. Air tanah tidak bisa dijamin konsistensi kualitas dan suplainya. Untuk perumahan yang padat ada kemungkinan tercemar bakteri akibat jarak antara sumur dan septic tank yang terlalu dekat. Jika perumahan dibangun di lahan bekas rawa atau sawah biasanya keasaman air tanahnya tinggi. Air tanah akan melimpah di musim hujan tetapi akan menurun di musim kemarau. Ketika daerah sekitar masih kosong maka banyak daerah resapan air. Begitu daerah sekitar sudah banyak dibangun rumah maka resapan air akan berkurang.

3. Infrastruktur
Anda harus yakin bahwa developer akan membangun semua fasilitas yang dijanjikan. Akan lebih bagus jika fasilitas- fasilitas utama (jalan, jaringan listrik dan air) sudah ada meskipun rumah belum terbangun untuk memberikan kepastian.

4. Kebersihan
Beberapa perumahan menyediakan fasilitas pengangkutan sampah setiap hari, pemotongan rumput dan penyapuan jalan secara berkala. Tentu kita tidak ingin sampah menumpuk dan mengeluarkan bau tidak sedap akibat tidak terbuang.

5. Keamanan
Rumah dengan tipe cluster memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi karena hanya ada satu akses masuk. Lingkungan yang tidak terlalu luas juga memudahkan pengontrolan keluar masuknya orang.

6. Tempat ibadah
Bagi muslim adanya mushola atau masjid adalah hal yang sangat penting karena sholat berjamaah sangat dianjurkan (diwajibkan) bagi laki-laki. Selain itu masjid adalah cara tercepat bagi anda untuk mengenal dan bersosialisasi dengan tetangga.

7. Transportasi
Lebih bagus jika rumah anda dekat dengan jalan utama yang dilewati berbagai sarana transpotasi agar anda mempunya banyak pilihan ketika ingin bepergian. Beberapa perumahan menyediakan shuttle bus dan angkutan internal.

8. Pasar
Kebanyakan perumahan sekarang sudah dilengkapi dengan ruko sehingga memudahkan kita untuk berbelanja kebutuhan sehari. Tetapi jika anda ingin berbelanja dalam jumlah besar dan banyak jenis barang maka berbelanja di pasar akan lebih murah.

9. Pendidikan
Terdapat sarana pendidikan yang memadai dan terjangkau. Untuk daerah Jabodetabek sepertinya tidak terlalu bermasalah karena sekolah-sekolah tersebar merata.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s