Direct encoding | Mengubah kaset menjadi file mp3

Punya MP3 player? Apa saja fitur-fiturnya? Jika anda mempunyai MP3 player dan ada fitur direct encoding maka anda bisa mengubah koleksi lagu-lagu yang ada di kaset, PH atau CD menjadi mp3 tanpa bantuan komputer. Lagu-lagu lama jarang sekali atau bahkan tidak ada albumnya dalam format CD. Adanya fitur direct encoding pada MP3 player memungkinkan kita untuk menyimpan lagu-lagu tersebut dalam format digital (mp3).

iRiver IFP900 - salah satu MP3 player dengan fitur direct encoding

Yang anda butuhkan adalah sebuah player (CD, tape), sebuah kabel audio stereo dengan dua buah jack audio 3.5 mm, MP3 player dengan fitur direct encoding, dan tentu saja kaset/CD yang akan di-encode. Karena proses ini mengubah output player menjadi format digital maka harus dipastikan player-nya mempunya kualitas audio yang bagus. Jika anda ingin merubah kaset anda menjadi mp3, maka disarankan untuk memakai walkman AIWA, SONY atau merek lain yang mempunyai kualitas suara yang bagus.

Pastikan bahwa MP3 player anda mempunyai sisa memori yang cukup besar, aktifkan mode Line In pada MP3 player, begitu kita memutar tombol Play pada Walkman maka aktifkan proses encoding pada MP3 player. Kelemahan dari proses direct encoding ini adalah kita harus memantau atau mendengarkan kaset secara keseluruhan. Karena kita harus memulai dan mengakhiri proses encoding pada tiap-tiap lagu. Jika tidak maka satu side pada kaset akan menjadi satu file, artinya 5~6 lagu (tergantung dari jumlah lagu pada sebuah side) di kaset akan menjadi satu file.

Silahkan periksa MP3 player anda.
Selamat mencoba!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s