Godbless 36 tahun

scan0001Grup musik legendaris ini akhirnya mengeluarkan album setelah vakum cukup lama. Dengan tajuk “godbless 36 th” album ini berisi 10 lagu. Track pertama berjudul N.A.T.O mengajak kita untuk beraksi adaripada ngritik tanpa solusi. Cukup menggebrak meski tidak sedahsyat track Kehidupan dari album Semut Hitam. Sepintas mirip dengan lagu rock tahun 70-an karena keyboardnya memakai sound Hammond organ (khas Deep Purple). Disusul dengan track kedua Prahara Timur Tengah bercerita tentang konflik di Timur Tengah. Track ini memperlihatkan bahwa cabikan bass Donny Fatah dan sayatan gitar Ian Antono masih garang. Beberapa track lembut juga terdapat di album ini misalnya Karna Kuingin Kau Bahagia dan Pudar. Sementara Jalan Pulang meski lembut di awal namun cukup menghentak di akhir, sepintas mengingatkan pada Bohemian Rapshody dari Queen.

Mungkin karena terbiasa mendengarkan Jockie Suryaproyogo, kali ini alunan keyboard-nya terasa agak berbeda ketika posisinya digantikan Abadi Soesman. Ciri khas yang tidak pernah hilang di antara lagu-lagu mereka adalah adanya backing vocal dengan suara agak sengau. Satu hal yang pasti adalah menurunnya performa vokal Achmad Albar, tidak segahar dulu.

Secara keseluruhan album ini cukup bagus. Lirik-liriknya masih berbobot, tidak hanya mengangkat tema cinta. Mengingat usia mereka yang sudah di atas 50-an, kecuali Yaya Moektio, patut kita acungkan jempol karena di usia yang sudah senja mereka masih tetap berkarya..

Sebagai bentuk apresiasi terhadap sumbangsih mereka terhadap perkembangan musik rock Indonesia, sudah selayaknya jika pecinta musik rock membeli album asli mereka. Album ini sangat layak untuk dijadikan koleksi. Bisa jadi ini merupakan album pamungkas mengingat usia mereka yang sudah uzur. Di tengah maraknya serbuan lagu menye-menye album ini bisa menjadi alternatif bagi para pecinta musik rock.

Track List
1. N.A.T.O
2. Prahara Timur Tengah
3. Kar’na Kuingin Kau Bahagia
4. Biarkan Hijau
5. Pudar
6. Jalan Pulang
7. Sahabat
8. Syair Untuk Sahabat
9. Dunia Gila
10. Rock ‘n’ Roll Hidupku

Iklan

3 responses to “Godbless 36 tahun

  1. God Bless masih yang terbagus. Tidak keterlaluan jika saya nyatakan mereka terbagus di seluruh Nusantara. Lebih bagus dari SEARCH (Malaysia ) mahupun Sweet Charity (Singapura). Kelebihan pada God Bless terletak pada penghasilan bunyi alatan Kibod (Organ, Piano, Mini Moog dan Synthesizer)mereka masih terpengaruh dengan mantan God Bless yang lalu “Jokie” dan suara harmoni dari Mas Ian Antono serta Donny. Syabas Godbless 36

    • Wah, tahun 1977 saya baru lahir Bang. Memang meskipun hanya menghasilkan sedikit album, tetapi peran mereka dalam memajukan musik rock di Nusantara sangat besar. Saya suka musik rock karena mendengarkan lagu Kehidupan dari album Semut Hitam. Waktu itu saya masih kelas 4 Sekolah Dasar. Search juga bagus, lagu Pawana saya suka. May juga keren, saya suka lagu Strategi dah Rahsia Kota. Salam untuk penggemar musik rock Malaysia.

  2. Saya kenal dengan God Bless sudah lama, sekitar tahun 1976-1977. Pesan saya pada personil God Bless, teruskan berkarya sampai habis tenaga. Saya pernah juga lihat God Bless secara LIVE ketika berkunjung ke Kuala Lumpur tahun 2004 ketika beraksis bersama Band Raja Rock Malaysia “SEARCH”. Melodi lagu Musisi dan Setan Tertawa saya anggap lagu terbaik God Bless serta Meret 89.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s