Tips membeli mp3 player

Ketika kita membeli perangkat audio seharusnya kriteria utamanya adalah kualitas suara dan fiturnya. Jangan sampai kita mendapatkan perangkat audio dengan fitur mini harga maksi. Untuk perangkat portable mp3 player, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

1. Earphone – beberapa merek mp3 player menyertakan earphone berkualitas dalam paketnya. Beberapa earphone yang mempunyai kualitas suara yang bagus adalah Sennheiser, Koss, Bose, dll.
2. User equalizer –  ini penting karena beberapa settingan default equalizer (mis: jazz, rock, classic, pop,dll) kurang memuaskan telinga kita. Beberapa merek menyediakan fitur tambahan dari third party seperti Xtreme 3D dari SRS Lab.
3. FM radio –  Hampir semua mp3 player menyediakan fitur ini. Akan lebih bagus jika disertai dengan fitur FM recording.
4. Voice recorder –  Sangat berguna untuk merekam meeting, khutbah di masjid, atau senandung istri dan celoteh anak anda.
5. Firmware –  Merek-merek terkenal firmware-nya bisa diupgrade. Biasanya mereka menyediakan firmware terbaru di situs mereka.
6. Direct encoding –  Punya kaset lawas? Ingin dirubah ke format digital mp3? Fitur ini jawabannya. Tanpa harus repot-repot menggunakan komputer dan software yang aneh-aneh. Cukup bermodal walkman dan connector dengan jack stereo 3.5 mm.
7. Input-output –  Beberapa merek menyediakan optical output jika anda ingin menghubungkan mp3 player anda dengan A/V receiver. Selain itu line-input-nya selain bisa menerima external audio source juga bisa menerima mic.
8. Charger –  Sebagai antisipasi jika anda berada jauh dari perangkat komputer untuk waktu yang lama karena beberapa merek hanya bisa di-charge dari USB port tanpa menyediakan charger.
9. Setting –  kemudahan dan kemampuan untuk mensetting hal-hal berikut ini: sound, display, control, timer, mode, dll.

iRiver milikku

iRiver iFP590 adalah mp3 player yang kubeli 6 tahun yang lalu. Earphone memakai Sennheiser, direct encoding, 3D surround, optical output, FM radio&recorder, voice recorder. Sampai kini masih bagus dan berfungsi dengan baik walaupun kapasitasnya masih 256 MB. iRiver terkenal sebagai inovator untuk produk-produk mp3 player. Mereka memimpin pasar mp3 player di Korea Selatan. Namun sayang produknya kurang dikenal di Indonesia dan hanya bisa didapatkan di toko-toko elektronik tertentu.

Berikut adalah contoh produk MP3 player dari iRiver

iriver flash type

iriver hdd & cd type

Iklan

3 responses to “Tips membeli mp3 player

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s