Rasio Kompresi dan jenis bahan bakar

Akibat detonasi (Sumber: kawasaki-zx130.org)

Mau gaya? Modal dulu!.
Motor-motor keren seperti Jupiter MX, Satria F150 memiliki rasio kompresi yang tinggi karena memang didesain untuk menghasilkan tenaga besar. Untuk itu motor-motor tersebut memerlukan bahan bakar dengan oktan tinggi agar tidak terjadi pembakaran dini/pre-ignition yang menyebabkan detonasi (ngelitik).

Jika kita memaksakan diri memakai bahan bakar dengan oktan rendah maka tenaga yang dihasilkan akan berkurang, konsumsi bahan bakar menjadi boros dan dalam jangka waktu lama akan merusak kepala piston. Artinya kita tidak akan mendapatkan performa puncak dari motor tersebut jika salah memilih jenis bahan bakar.

Sayangnya pabrikan motor tidak pernah memberikan edukasi mengenai hal ini. Mereka hanya mencantumkan rasio kompresi pada spesifikasi motor tanpa diiringi rekomendasi mengenai jenis bahan bakar. Mungkin mereka takut penjualannya akan menurun jika masyarakat tahu bahwa motor-motor tersebut membutuhkan bahan bakar dengan harga yang lebih mahal.

Berikut adalah maping dari angka oktan dengan rasio kompresi motor.
Pertamax Plus : 95 ==> 10:1 ~ 11:1
Pertamax : 92 ==> 9:1 ~ 10:1
Premium : 82 ==> 7:1 ~ 9:1

Iklan

2 responses to “Rasio Kompresi dan jenis bahan bakar

  1. jangn asal gaya pnya motor keren, ttp hrs bs ngerawat motorya jg. kasian tu motor slalu ditindih ma pemilik sahnya, ttp gk bs ngejaga dn ngerawat slama2nya. motor jg benda yg pling berjasa cuy…..gk cm istri kt aja.

    • Salah satu bentuk perawatan itu adalah memberi bahan bakar sesuai rasio kompresinya. Jangan lupa juga perawatan berkala sesuai petunjuk pabrikan. Jika kita lalai, jangan salahkan motor kita jika performanya menurun atau malah ngadat di tengah jalan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s