Able bodied passenger – seberapa fit dan sehat anda?

Jika anda sering bepergian dengan pesawat terbang dan sering mendapat kursi didekat jendela darurat maka anda kelihatan fit dan sehat menurut orang lain. Ini diistilahkan dengan able bodied passenger yaitu penumpang pesawat tunggal atau berpasangan, yang tidak memiliki anak-anak atau kerabat yang menyertainya, yang kelihatan sehat dan fit dan memiliki bahasa ibu yang sama dengan pramugari/a. Mereka dimaksudkan untuk membantu proses evakuasi dalam pendaratan darurat dengan membuka pintu darurat dan mengembangkan rakit/sekoci penyelamat serta mengarahkan penumpang.

 

Pintu darurat (Sumber: airlineworld.wordpress.com)

 

Jika kita mendapat kursi pesawat tepat sejajar dengan jendela darurat maka seolah-olah kita duduk di kelas bisnis karena jarak antar kursi yang lebar sehingga kaki bisa berselonjor. Jika konfigrasi kursi biasanya 3-3 maka untuk area ini 2-2.

Untuk pesawat Boeing 737-900ER area ini berada di nomer kursi 20 dan 30. Kursi nomer 20 lebih baik dari nomer 30 karena berada di depan mesin pesawat sehingga tidak terlalu bising. Jika memungkinkan anda harus menghindari kursi nomer 19 dan 29 karena kedua kursi tersebut sandaran kursinya tidak bisa direbahkan karena dikhawatirkan akan menghalangi jalan keluar dari pintu darurat. Jika anda terbang dengan durasi 2 jam ke atas hal ini akan membuat badan capek.

Jadi jika anda akan terbang dan memenuhi kriteria able bodied passenger, tidak ada salahnya anda meminta kursi tepat di depan jendela darurat. Jika permintaan anda disetujui berarti anda kelihatan fit dan sehat dan kursi tersebut masih kosong. Jika ditolak mungkin kursi tersebut telah terisi atau anda tidak kelihatan fit dan sehat. Makanya bike to work biar fit dan sehat . Salam gowes

*Tulisan ini dimuat di majalah Intisari edisi Juni 2010

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s