Tips untuk berhemat | Agar tidak terbuang percuma (mubazir)

Sebelum sampai ke tangan kita barang-barang konsumsi telah melalui serangkaian proses produksi dan transportasi yang rumit dan panjang. Karena itu kita tidak boleh membiarkan sumber daya yang telah terpakai untuk proses tersebut menjadi sia-sia dengan membuang sisa produk yang masih terdapat dalam kemasan.

Berikut adalah tips agar tidak ada sisa produk yang terbuang sia-sia..

  1. Kecap, saus, dan sambal. Agar barang-barang tersebut habis dengan tandas, baliklah posisinya sehingga tutup botolnya berada di bawah. Gaya gravitasi akan menyebabkan turunnya materi tersebut secara perahan-lahan. Begitu sudah terkumpul di area sekita tutup botol maka anda dapat mengeluarkan dan menghabiskannya dengan mudah.
  2. Pasta gigi. Biasakan untuk mengeluarkan/memencet tabung pasta gigi dari bagian ekornya. Setelah pasta gigi hampir habis anda bisa menggunakan gagang sikat gigi untuk mengurut tabungnya (dengan meletakkan di atas meja) sehingga pasta gigi terkumpul di area sekita tutup tabung.
  3. Shampoo. Karena kekentalannya yang tinggi, meskipun tersisa cukup banyak shampoo di dalam botol biasanya kita sulit mengeluarkannya karena shampoo menempel di dinding botol. Cara menghabiskannya remas botol shampoo kuat-kuat sehingga udara di dalam botol terpompa keluar. Setelah itu masukkan lubang botol ke dalam air sambil melepaskan tekanan tangan kita. Maka botol akan menghisap air. Kocok-kocok agar sisa shampoo terlarut dalam air.
  4. Deterjen kemasan plastik. Meskipun sudah habis, masih tersisa sedikit deterjen yang menempel pada kemasan plastik. Untuk menghabiskannya, masukkan air ke dalam kemasan sehingga melarutkannya. Untuk mempercepat proses pelarutan anda bisa meremas-remas atau mengocoknya.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s