Peran media bagi kemajuan sepakbola Jatim

Harus diakui bahwa Jatim selalu menjadi daerah yang paling banyak menyumbangkan tim sepakbola yang berlaga di Liga Indonesia. Malang dan Surabaya menjadi pusat perkembangan sepakbola di Jatim dan selalu mengirimkan wakilnya untuk berlaga di Liga Indonesia. Meski demikian kini kekuatan sepakbola Jatim mulai merata dengan masuknya Kediri, Lamongan, Sidoarjo dan Gresik. Prestasi ini belum bisa disaingi oleh propinsi lain bahkan yang berada di Jawa sekalipun (Jabar, Jateng, DIY, DKI dan Banten).

Jateng membaik dengan munculnya kekuatan sepakbola baru di Jepara dan Rembang selain Semarang. Sementara untuk Jabar masih berpusat di Bandung dan sempat beberapa saat di Bogor.

Harus diakui bahwa perkembangan sepak bola di Jatim tidak terlepas dari peran media massa (koran) di daerah ini. Koran daerah tersebut memberikan porsi berita yang besar terhadap perkembangan olahraga di daerah (terutama sepakbola). Liputan media tentang klub-klub di Jatim meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang tim-tim dari daerahnya dan pada akhirnya meningkatkan rasa kepemilikan dari masyarakat di masing-masing daerah kepada tim yang mewakilinya.Sehingga tidak heran jika pertandingan sepakbola di daerah ini selalu ramai dengan penonton.

Salah satu laga sepakbola di Malang (ongisnade.wordpress.com)

JP sebagai koran nasional yang berasal dari daerah mempelopori hal ini. Dengan adanya koran radar memungkinkan mereka untuk memberikan liputan yang lebih detil dan luas tentang tim sepakbola di suatu daerah. Jika kita baca radar Malang pasti kita dapatkan liputan yang lebih banyak tentang Arema Indonesia begitu juga dengan radar Kediri pasti memberi porsi lebih bagi liputan tentang Persik.

Hal itu susah kita temukan di koran-koran ibukota yang hanya memberikan porsi yang sangat sedikit bagi berita tim sepakbola lokal. Mereka lebih suka untuk hanya memberikan berita tim sepakbola luar negeri. Berita lebih detil tentang tim-tim sepakbola lokal hanya bisa didapatkan di tabloid olahraga dimana tirasnya selalu lebih kecil daripada harian umum.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s