Keunggulan televisi digital

Kalau kita perhatikan hampir semua sumber data grafis dalam format digital (PC, sistem satelit digital, pemutar DVD, camcorder dan kamera digital dll). Televisi digital bertujuan untuk menciptakan konektivitas digital 100%.

 

Dengan sistem penyiaran analog sekarang maka data-data grafis dalam format digital harus dikonversi ke analog dengan perangkat DAC (Digital to Analog Converter) kemudian pada perangkat digital display (mis. LCD TV) sinyal analog tersebut dikonversikan lagi ke format digital dengan perangkat ADC (Analog to Digital Converter). Hal ini tentunya menimbulkan kompleksitas perangkat. Selain itu sistim penyiaran analog juga rentan terhadap noise, terdapat ghost dan resolusi gambar yang rendah. Sistim penyiaran televisi digital bermaksud menghilangkannya.

 

Sistim penyiaran televisi

 

Format data digital memiliki keunggulan kualitas gambar yang bagus, lebih mudah disimpan dari jangka waktu yang singkat sampai lama tanpa degradasi, mudah dimanipulasi, tidak terganggu noise, mudah dikompresi. Jika diaplikasikan dalam sistim penyiaran digital maka akan menghasilkan suara yang jernih, gambar high definition, multifungsi dan multichannel.

(cmiiw)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s