Mahalnya ugrade speed dari 7-speed ke 9-speed

Karena rear derailleur (RD) sering meloncat-loncat ketika berada di gigi 4, 5 dan 6 aku bermaksud mengganti RD sepedaku dengan yang baru. Pilihanku jatuh pada Shimano Deore seharga 390 ribu. Aku lupa ternyata Shimano Deore memiliki 9 speed sedangkan Shimano Tourney milikku hanya 7 speed. Karena itu jika aku ingin meng-upgrade RD sepedaku menjadi Deore maka akan ada beberapa komponen yang harus diganti/disesuaikan. Berikut adalah perinciannya.

# Free Hub: Shimano non series = 165.000

# Cassette sprocket – Deore = 325.000

# Rear Derailleur – Deore (Rapid Fire) = 390.000

# Shifter – Deore (L) – Dual control = 385.000

# Shifter – Deore (R) – Dual control = 385.000

# Chain = 150.000

Total = 1.800.000

Bisa dilihat hanya karena ingin mengganti rear derraileur yang suka meloncat-loncat ternyata akhirnya merembet ke mana-mana dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hanya dengan menambah beberapa ratus ribu sudah bisa mendapatkan sepeda baru MTB Polygon seri Bike 2 Work.

 

Shimano Deore XT – 2008 (sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Shimano)

 

Berdasarkan masukkan dari mekanik Rodalink, berikut adalah paket hemat untuk RD Deore.

# Free Hub: Shimano non series = 165.000

# Cassette sprocket  = 200.000

# Rear Derailleur – Deore (Rapid Rise) = 325.000

# Shifter – Deore (L) = 225.000

# Shifter – Deore (R) = 225.000

# Chain = 150.000

# Brake lever (Tektro) = 41.000

Total = 1.331.000

Dari hasil mengobrol dengan mekanik aku jadi tahu ternyata RD memiliki dua jenis, yaitu Rapid Fire dan Rapid Rise. Rapid Fire lebih cocok untk melahap medan datar karena perpindahan ke gigi kecil lebih responsif dibanding ke gigi besar. Sebaliknya Rapid Rise lebih cocok untuk melahap tanjakan karena perpindahan ke gigi besar lebih responsif dibanding ke gigi kecil.

Perbedaan ini akan sangat terasa ketika kita melahap medan menanjak yang memerlukan shifting ke gigi besar dengan cepat. Perbedaan respon shifting ini disebabkan adanya perbedaan mekanisme antara kedua jenis RD tersebut. Untuk Rapid Rise posisi defaultnya ada di gigi besar, sedangkan Rapid Fire posisi default-nya ada di gigi kecil

Iklan

4 responses to “Mahalnya ugrade speed dari 7-speed ke 9-speed

  1. kalo sering loncat2 sih sebenarnya gak usah upgrade grupset dari 21 ke 27.cukup setel rdnya aja ke mekanik berpengalaman.sedangkan kalo mau ganti RD saja sebenarnya gak perlu sampe merembet ke komponen grupset yang lain.

    • memang seharusnya begitu. sebenarnya itu cuma alasan buat upgrade ke groupset yang lebih tinggi 🙂 . tapi setelah dihitung2 harganya tidak masuk akal akhirnya tetap pakai RD yang lama

    • betul sekali. wire tension atau micro adjuster bisa diadjust. tetapi untuk RD murah dan usianya sudah lama pegas/pernya sudah melemah, sehingga tetap harus diganti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s