Proses seleksi dan wawancara yang unik

Obrolanku dengan teman sekantor yang pernah bekerja di sebuah perkebunan keIapa sawit di Kalsel mengingatkanku pada pengalamanku dalam proses wawancara pekerjaan dengan PT SMART Tbk pada tahun 2002 di Hotel Novotel, Surabaya. Dalam proses wawancara dengan user, salah satu pewawancara bertanya apakah aku menguasai ilmu beladiri. Aku bilang bahwa aku pernah belajar beladiri yaitu Perisai Diri tetapi sudah lama sekali ketika masih di SMP. Untuk meyakinkan dirinya si pewawancara memintaku untuk memperagakan sikap-sikap dasar dari Perisai Diri. Jadilah aku memperagakan sikap Pendeta, Harimau, Satria, Rajawali dan Naga di depannya. Mungkin karena itu aku lolos dari proses seleksi. Meskipun akhirnya aku mengundurkan diri karena aku merasa posisi di perusahaan lain lebih prospektif dan aku tinggal menunggu hasil tes kesehatan saja.

Seragam mandor (sumber: tyzhainandia.blogspot.com)

Sejak awal para perekrut memang memberitahukan bahwa lingkungan pekerjaan di perkebunan kelapa sawit adalah lingkungan yang keras. Karena itu mereka menghargai para pelamar yang memiliki keahlian bela diri. Agar bisa menghadapi kerasnya lingkungan perkebunan para pekerja baru harus menjalani masa orientasi selama 6 bulan. Yang menarik adalah setiap pelamar yang lolos seleksi harus mempersiapkan seragam yang mirip dengan mandor perkebunan jaman penjajahan Belanda.

Belakangan aku tahu dari temanku itu ( pernah bekerja di perkebunan kelapa sawit dari Malaysia yang beroperasi di Kalsel, Gutrie Bhd.), bahwa perilaku organisasi (organizational behavior) di perkebunan memang banyak mengadopsi dari era perkebunan jaman Belanda. Salah satunya dia menyebutkan bahwa pekerja tidak diperbolehkan memasuki area Asisten dan sebaliknya , memanggil pekerja harus dengan namanya saja tanpa panggilan “Pak”, tidak boleh bercanda dengan pekerja dll. Itu doktrin yang dia dapatkan selama masa orientasi di kelas. Walaupun demikian, salah seorang seniornya mengatakan kalau dia menerapkan semua doktrin yang dia dapatkan di kelas dia bisa dibunuh oleh pekerja.

Karena kerasnya lingkungan tersebut banyak pekerja baru yang mengundurkan/melarikan diri walaupun ijazahnya ditahan dan mereka harus membayar sejumlah denda. Seperti halnya temanku yang sampai saat ini belum mengambil ijazahnya yang tertahan dan harus membayar sejumlah denda.

Iklan

4 responses to “Proses seleksi dan wawancara yang unik

  1. posisi kamu sebagai apa emang nya??

    mau share nich,, tgl 5 januari nanti aku da wawancara pt smart di pekan baru
    sebagai database IT nya,,
    gmn menurut kamu kira2 tmpat kerjanya?? apakah jauh dari pemukiman… atau tinggal di perkebunan??
    kalo ada kawan nya juga yang kerja sbagi database IT, tolong ditanya ya
    tolong di jawab ya sob…
    atau imel kan ke
    mars_ilkom@yahoo.co.id

    trims..
    salam..
    Arthur

      • hmm
        pa menurutmu kerja di PT.smart bagus ga??
        prospek kedepannya gmn kira2 sob??
        soalnya kontrak loh n ijasah dio tahan segala…
        tx

      • Prospek industri perkebunan dan pengolahan kelapa sawit pasti semakin bagus ke depan. Bisa dipastikan permintaannya akan selalu naik.

        Sepertinya sudah menjadi kebiasaan perusahaan kelapa sawit (SMART, AAL, Gutrie Bhd, dll) untuk menahan ijasah karyawannya. Temanku yang pernah bekerja di Gutrie dan sekarang keluar malah belum mengambil ijasahnya yang ditahan di kantor pusat mereka di Jakarta.

        Kalau anda ragu-ragu lebih baik tidak diambil. Aku dulu juga begitu. Mengundurkan diri menjelang penandatanganan kontrak.

        Anyway, industri apapun pasti ada kelebihan dan kekurangannya 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s