Shoutul Harokah – nasyid gegap gempita dengan iringan orkestra yang indah

Dalam pencarian topik-topik tentang Chechnya aku menemukan beberapa nasyid dari Timur Tengah dan Kaukasus. Salah satu yang bagus adalah nasyid dari Hizbullah di Lebanon. Hizbullah, salah satu kumpulan pejuang tangguh dalam menghadapi dan menahan agresi militer Israel namun kurang populer di Indonesia karena bermazab Syiah.

Perjuangan mereka dalam menghadang Israel tidak hanya melulu dengan mengangkat senjata. Bahkan bidang seni pun dirambah oleh mereka. Selain memiliki stasiun televisi sendiri mereka juga memiliki grup nasyid yang menghasilkan nasyid-nasyid dengan aransemen sangat bagus yang diiringi orkestra yang bertujuan untuk mengobarkan semangat dan militansi pendukungnya dalam melawan Israel.

 

Shoutul Harokah

 

 

Tergelitik oleh nasyid dari Hizbullah sempat terbesit tanya akankah ada grup nasyid dari Indonesia yang mengusung konsep musik yang sama. Sebuah nasyid gegap gempita dengan iringan orkestra yang indah. Akhirnya tanya itu terjawab dengan hadirnya album terbaru Shoutul Harokah. Aku tidak tahu apakah iringan orkestra itu asli atau hanya synthesyzer tapi yang pasti menurut pendengaranku tidak kalah dengan nasyid dari Hizbullah. Untuk itu cobalah kita simak track yang berjudul Indonesia Memanggil, Gelombang Keadilan dan Palestina Tercinta.

 

Shoutul Harokah, grup nasyid dari Bandung memang identik dengan PKS. So what? Toh tema yang diangkat mereka bersifat universal. Jaman sekarang mana ada produk seni yang bebas dari ideologi. Tiap lirik yang tertulis mewakili sudut pandang, pemahaman dan keyakinan dari si pencipta lagu. Tidak mengherankan jika untuk jenis musik yang sama bisa mengusung dua ideologi yang saling bertolak belakang.

Ambil contoh musik rap yang identik dengan narkoba dan kehidupan jalanan yang keras di Amerika Serikat berubah 180 derajad di tangan Soldier of Allah. Begitu juga Native Deen memberikan alternatif bagi ibu-ibu di Amerika Serikat yang prihatin dengan vulgarnya lirik lagu-lagu R&B dan hip-hop namun populer di kalangan remaja. Oleh Native Deen R&B dan hip hop diisi dengan lirik-lirik yang menumbuhkan toleransi, membangun jiwa, kontemplatif, introspektif dan mengajak kita untuk mendekatkan diri dengan Allah swt.

 

Soldier of Allah

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s