Blog = trivia? Nilai informasi dalam sebuah blog.

Apakah informasi yang terkandung dalam suatu blog cukup berharga? Harus diakui masih banyak orang yang meremehkan dan memandang sebelah mata informasi dari aktivitas blogging. Padahal kalau kita cermati justru dari aktivitas blogging inilah jutaan informasi tentang topik-topik yang sangat spesifik dimuat atau dibahas. Topik-topik yang spesifik ini memang belum tentu dicari banyak orang, tetapi bisa jadi itu adalah informasi yang sangat dibutuhkan oleh seseorang.

Seringkali kita membutuhkan informasi yang sangat spesifik yang tidak bisa kita peroleh dari sumber-sumber informasi formal. Ambil contoh, anda sedang mencari informasi rute angkutan ke suatu obyek wisata. Belum tentu informasi yang anda butuhkan tersebut terdapat pada situs web (jika ada) dari obyek wisata itu atau dari sebuah majalah wisata sekalipun. Bisa jadi anda justru mendapatkan informasi itu dari seorang blogger yang pernah mengunjungi obyek wisata tersebut dan menuliskan pengalamannya ke dalam blog miliknya.

Pengalaman saya menunjukkan, salah satu posting saya tentang rute sebuah shuttle bus mendapatkan traffic yang cukup tinggi. Hampir tiap hari ada saja orang yang mencari informasi tentang hal ini. Bahkan seseorang dari luar kota yang hendak melakukan proses interview yang mengharuskannya naik shuttle bus ini sampai minta konfirmasi secara japri via email tentang hal ini. Dari sini bisa dilihat bahwa informasi yang sekilas remeh bisa menjadi sebuah informasi yang sangat berharga bagi orang lain. Informasi semacam ini seringkali tidak terdapat dalam sumber informasi resmi seperti surat kabar, majalah, buku dan situs resmi.

Karena itu mulai sekarang jangan ragu-ragu dan malu-malu untuk mulai menulis dan memposting tulisan ke blog anda. Apalagi jika anda seorang pakar dalam suatu bidang, blogging adalah salah satu sarana terbaik bagi anda untuk membagi pengetahuan yang anda miliki. Cobalah anda mampir ke blog Dongeng Geologi, milik seorang geolog asal Indonesia yang kini bekerja di Malaysia. Informasi dalam blog-nya benar-benar sangat berharga dan memberikan pencerahan bagi banyak orang yang ingin mengetahui lebih banyak tentang fenomena geologi, vulkanik dan seismik di wilayah Indonesia yang menarik perhatian banyak orang. Informasi tentang tsunami, gempa bumi, letusan gunung berapi, tumbukan lempeng benua, semburan lumpur dll banyak diulas dalam blog ini dengan bahasa yang mudah dicerna oleh orang awam.

Sangat menyenangkan jika apa yang kita posting ternyata sangat dicari-cari oleh orang lain. Let’s start blogging.

Note: Trivia (singular: trivium) are useless information that are never needed

Iklan

3 responses to “Blog = trivia? Nilai informasi dalam sebuah blog.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s