Memilih gergaji – Antara gergaji potong dan gergaji belah

Gergaji ada dua macam yaitu gergaji potong dan gergaji belah. Sesuai dengan namanya, gergaji belah hanya cocok untuk memotong kayu searah dengan seratnya. Prinsip pemotongannya seperti tatah (chisel). Sedang kan gergaji potong sangat cocok untuk memotong kayu tegak lurus dengan arah seratnya. Prinsip pemotongannya seperti mengiris dengan pisau.

Gergaji yang dijual murah seharga 20 ribu-an kebanyakan berjenis gergaji belah. Jenis gergaji ini sangat sulit dipakai untuk memotong kayu atau bambu. Sebaliknya gergaji potong masih bisa dipakai untuk membelah papan atau kayu walaupun kurang maksimal. Jadi jika anda ingin membeli satu gergaji saja untuk dua pekerjaan, maka sebaiknya anda membeli gergaji potong.

Gergaji belah – rip saw (sumber: http://www.using-tools.com/saw-tool.htm)

Gergaji potong – crosscut saw (sumber: http://www.using-tools.com/saw-tool.htm)

 Untuk membedakan kedua jenis gergaji tersebut kita bisa melihat profil gigi-nya. Pada gergaji belah bagian yang tajam hanya terdapat pada bagian bawah gigi sedangkan pada gergaji potong bagian yang tajam terdapat pada sisi-sisi gigi. Gambar di bawah ini menjelaskan perbedaan tersebut.

Mata gergaji potong

Mata gergaji potong

Dari sini bisa dipahami kenapa harga gergaji potong lebih mahal dibanding gergaji belah karena proses pembuatannya lebih rumit dibanding gergaji potong. Pada gergaji potong membutuhkan teknik pengasahan  dari dua arah.

Cap Mata - merek alat pemotong yang sangat terkenal. Termasuk gergajinya

Cap Mata – merek alat pemotong yang sangat terkenal. Termasuk gergajinya

13 responses to “Memilih gergaji – Antara gergaji potong dan gergaji belah

    • entahlah asli Jerman atau tidak. yang pasti pada selongsong gergaji ada peringatan tentang keaslian merek dan tuntutan bagi pemalsu.

      tetapi dibanding merek-merek lain, bentuk mata gergajinya paling bagus. saya ragu, Jerman masih memproduksi perkakas-perkakas sederhana seperti ini. mungkin oleh pemilik merek Cap Mata produksinya sudah dialihkan ke Cina, Indonesia atau India🙂 .

  1. Tolong tanya kalau mau beli gergaji belah itu bisa beli dimana ya?
    Saya sdh tanya2 di toko2 di Surabaya dan kebanyakan pegawainya tidak mengerti gergaji belah itu gimana.

    Thanks
    Albert

    • Biasanya tersedia di toko perkakas dan bahan bangunan. Atau anda bisa juga mencari di pasar tradisional. Jika mereka tidak mengerti anda bisa melihat sendiri bentuk mata gergajinya.

  2. Apakah ada yang ex impor? Maksudnya barang dari luar negeri. Ato hanya yang bikinan dalam negeri?
    Btw thanks untuk responnya.

    Salam
    Albert

    • Gergaji yang saya beli mengklaim dirinya sebagai asli Carl Schlieper (Cap Mata). Tetapi saya ragu barang tersebut diimpor dari Jerman. Kemungkinan dibuat di Cina/Taiwan dengan lisensi dari Jerman. Kualitasnya di atas gergaji-gergaji yang dijual di Ace Hardware (Krisbow?) atau Hypermart

      • Cap Mata di buat di indo bos. Meskipun begitu statusnya pabriknya subsidiary / anak perusahaan dari carl schlieper jerman. Jadi itu merk asal jerman. Pabriknya bisa dimana aja bos ngga harus di jerman. Biaya produksinya mahal. Hari gini bisnis modern ngga harus di negeri asalnya bos. Made in indonesia tp standar kualitasnya carl schlieper jerman.

      • Pabriknya ada di semarang dan jakarta (dulu batavia) mas bos. Mas carl schlieper udah berbisnis di indo jauh sebelum indon merdeka. Sejak masih era kolonial awal abad 20an. Coba cek aja di wikipedia mas bos..

      • Masih bos, tapi sekarang skala bisnisnya mengerucut. Ngga sebesar di era kolonial. Carl schlieper sekarang focus on cutlery tools only. Pabriknya yg sekarang dipindah ke tangerang..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s