Sampoerna dan angka 9

Tulisan Hermawan Kertajaya di harian Jawa Pos tentang hubungan Sampoerna dengan angka 9 mengingatkanku pada pengalamanku ketika magang di perusahaan rokok ini. Aku baru menyadari serba 9 dari Sampoerna ketika berkesempatan magang di pabrik Sigaret Kretek Mesin (SKM) di Pandaan, Pasuruan. Mentorku memberi tahu bahwa angka 9 atau 2 3 4 didapatkan oleh Liem Sing Tee (pendiri grup Sampoerna) dari seorang Kyai di Pulau Madura. Meski demikian sampai saat ini aku belum mendapatkan sumber resmi untuk mengkonfirmasi hal ini.

Salah satu merek rokok kretek yang paling laris di Indonesia adalah Dji Sam Soe ( 2 3 4). Dengan merek rokok kretek inilah keluarga Sampoerna membangun kerajaan bisnisnya. Angka 2 3 4 jika dijumlahkan hasilnya 9. Mungkin menurut mereka ini adalah angka hoki.

Karena itu tidak heran jika di pabrik mereka semuanya serba 9. Pabriknya di Surabaya di Jl. Rungkut Industri no.18. Pabrik di Pasuruan berada di km. 45, dengan luas 135 ha. Karena kontur tanahnya berbukit-bukit antar area dihubungkan dengan tangga, jumlah anak tangganya 18, 27. 36. Mobil-mobil mereka biasanya memakai nomor 2727, 3636, 9090 dan kombinasi angka lainnya yang jika dijumlahkan hasilnya 9, dengan perbedaan di huruf belakangnya. Kantor pusat di Jakarta pun berada di lantai 18. 😀

Iklan

One response to “Sampoerna dan angka 9

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s