Benua purba, pergerakan lempeng benua, dan Dinosaurus

237 juta tahun yang lalu

Susunan benua-benua yang aneh dengan pulau-pulau, lautan, gunung, dataran dan samudera yang tidak familiar ini mengingatkan kita bahwa dinosaurus hidup dengan lansekap yang sangat jauh berbeda dengan kita sekarang.

94 juta tahun yang lalu

65 juta tahun yang lalu

Pada era Dinosaurus terakhir yang terekam oleh sejarah, bentuk Samudera Atlantik dan Laut Mediterania menjadi lebih nyata dan bisa dikenali dan benua-benua kecuali Australia dan Antartika berada pada garis lintang yang mendekati kondisi sekarang.

Bumi saat ini

Dalam masa 65 juta tahun yang lalu sebagin besar besar benua-benua bergeser dengan kecepatan rendah menuju posisinya sekarang. Akan tetapi anak benua India melaju dengan kecepatan tinggi ke arah utara menumbuk benua Asia dan mengangkat Himalaya menjadi rangkaian pegunungan tertinggi di dunia.

Jika satu tahun diumpamakan sebagai usia bumi yang diperkirakan berumur 4,5 milyar tahun yang lalu, maka peta pertama yang menggambarkan bumi 237 juta tahun yang lalu terjadi pada tanggal 13 Desember. 94 dan 65 juta tahun yang lalu terjadi pada tanggal 25 dan 26 Desember. Sejarah yang tercatat berawal pada 5500 tahun yang lalu pada kalender ini akan berada pada 21 detik sebelum Tahun Baru.

Sumber: “Student World Atlas”, Elspeth Leacock, Mapquest Inc., 2005

Iklan

6 responses to “Benua purba, pergerakan lempeng benua, dan Dinosaurus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s