Hanya ada di sana

Apa yang kutulis tentang sebuah perpustakaan yang ideal kini menjadi kenyataan tetapi nun jauh di sana. Di sebuah kota kecil yang diapit gunung-gunung, berada di ketinggian 400 meter dpl. Sebuah kota dengan penduduk 800 ribu jiwa, dengan motto Tri Bina Cita (kota pendidikan, pariwisata dan industri).

Kota kecil itu memiliki sebuah perpustakaan yang kian hari makin cantik dan ramah bagi pengunjungnya. Terletak di sebuah bulevar legendaris dari jaman Kolonial Belanda hasil rancangan Thomas Karsten yang di hadapannya terdapat sebuah museum dengan artefak meriam penangkis serangan udara dan sebuah kendaraan lapis baja. Sebuah perpustakaan yang mampu bangkit dari tidur panjangnya dan kini semakin dicintai oleh para pengunjungnya.

Acara bedah buku Soe Hok Gie di Perpus Umum Kota Malang Tgl 18-12-2009 By Mira Lesmana, Riri Reza & Nicholas Saputra

Pada tahun awal tahun 2000-an perpustakaan ini tidak berbeda dengan perpustakaan sebuah SMA dengan koleksi buku-buku tua. Rak bukunya terlihat kusam dan buku-bukunya terlihat kurang teratur penataannya. Pada siang hari pengunjungnya bisa dihitung dengan jari. Meski demikian yang menjadi ciri khas pepustakaan ini sejak awal adalah keramahannya terhadap pengunjung. Siapa saja bisa datang dan membaca koleksi perpustakaan ini cukup dengan mengisi buku tamu, tanpa prosedur berbelit-belit.

Entah mereka mendukung program bike to work atau penjaga parkirnya tidak tega menarik ongkos parkir, tetapi yang jelas pada waktu itu tidak pernah sekalipun aku ditagih ongkos parkir ketika berkunjung ke perpustakaan tersebut dengan bersepeda.

Kini kondisinya telah berubah 180 derajad. Cobalah anda mampir ke Facebook mereka anda pasti terkagum-kagum oleh kegiatan mereka. Pameran fotografi, pentas seni, bedah buku, pembacaan puisi, diskusi, dll. Bahkan perpustakaan kampusku yang megah itu belum pernah melakukan kegiatan-kegiatan tersebut. Pada tahun 2010 ini mereka mengadakan program pengadaan 10.000 buku baru, luar biasa patut diacungi jempol.

Itu masih belum seberapa, ada lagi Book by Request. Sekarang bukan hanya lagu yang bisa di-request bukupun bisa di-request. Nantinya buku-buku dengan request terbanyak akan dibeli oleh mereka. Tidak heran jika perpustakaan tersebut mendapat predikat sebagai salah satu perpustakaan terbaik di Indonesia. Menurut mereka sudah 36 daerah yang berkunjung dan melakukan studi banding ker perpustakaan ini.

Sekali lagi, itu hanya ada di sana. Di sebuah kota kecil yang memiliki sebuah kesebelasan sepakbola yang profesional, tidak menyusu ke APBD, tidak memakan uang rakyat. Sebuah daerah yang memiliki identitas yang kental dan berani bersaing dengan kota-kota lain yang lebih besar dan kaya. Sebuah kota yang pernah menjadi kandidat ibukota bagi negara ini di masa awal kemerdekaan. Sebuah kota yang memiliki begitu banyak markas militer dari tiga matra, AD, AL dan AU. Sebuah kota dengan obyek wisata paling lengkap, mulai dari gunung tertinggi di Pulau Jawa hingga pantai Samudera Indonesia. Mulai dari perkebunan teh, coklat, kopi hingga apel. Mulai dari air terjun hingga pemandian air panas.

One response to “Hanya ada di sana

  1. Terima kasih…Anda yang membuat kami merasa berarti dan terus memacu kami untuk berbuat lebih baik.
    Sebenarnya apabila dibandingkan dgn perpustakaan-perpustakaan yg ada kota-kota besar lainnya di Indonesia kami masih jauh dari ideal baik sarana, prasarana dan anggaran pengelolaan.
    Namun satu yg kami yakini bahwa pelayanan yg terbaik adalah muncul dari Empati…kmi berupaya bekerja sepenuh dan setulus hati selayaknya merawat, membesarkan anak kami sendiri.
    Publik harus dapat benar-benar merasa memiliki perpustakaan ini..memanfaatkan, membesarkan dan menjaganya bersama-sama…perpustakaan ini adalah milik publik karena dibangun atas uang milik publik/rakyat.
    Sehingga anda lah yang membuat kami ada dan tanpa anda kami bukan apa-apa.
    Dukung kami untuk menjadikan perpustakaan dan seluruh aktivitasnya sebagai wajah peradaban kita.
    Sekali lagi terima kasih atas support yang anda berikan. bagi kami itu sangat berarti.
    Sukses selalu utk anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s