Batik Keris versus Rodalink

Bagi anda penggemar busana dan pernak-pernik dari batik tentu tidak asing dengan jaringan toko Batik Keris. Jauh sebelum demam batik melanda Indonesia, Batik Keris sudah terlebih dahulu hadir di kota-kota besar di Indonesia. Tidak hanya menjual batik mereka juga menjual berbagai macam cindera mata dan kerajinan (terutama bernuansa Jawa). Tidak heran jika slogan yang diusung adalah Batik Keris – Pusat Kerajinan Nusantara.

Batik Keris

Motif, desain, dan warna yang selalu diperbarui, jahitan yang rapi, potongan yang simetris menjadi kekuatan utama produk-produk mereka. Tidak heran jika harga produk-produk mereka agak mahal. Meski demikian itu sebanding dengan kualitas produknya. Kita tidak akan menyesal membeli produk-produk mereka.

Terlepas dari pelayanan pramuniaganya yang sangat baik, ada beberapa kekurangan yang mengganjal. Disaat entitas bisnis lain berlomba-lomba memanfaatkan kemajuan teknologi informasi mereka masih bermain dengan cara lama. Di saat orang-orang bahkan untuk mencari tiket bus saja mereka menggunakan/mecari informasi dari internet, Batik Keris sepertinya kurang sigap dalam menyikapi hal ini. Mereka belum punya katalog produk online, website-nya belum ada. Mengingat segmen pasar mereka adalah golongan menengah ke atas hal ini terasa kontradiktif. Konsumen dari segmen ini biasanya mempunyai kebiasaaan untuk mencari informasi/review tentang suatu produk dari internet sebelum mereka memutuskan untuk membelinya. Bahkan jika tersedia layanan online shopping tidak segan-segan mereka melakukan transaksi secara online.

Peluang lain yang berada dibalik online shop adalah konsumen global. Begitu toko/produk anda berada di internet maka konsumen dari berbagai penjuru dunia bisa mengakses produk-produk anda. Bayangkan misalnya ada turis yang membawa oleh-oleh batik dari Indonesia, kemudian ada teman atau tetangganya yang tertarik untuk memiliki roduk tersebut. Bagaimana caranya dia mendapatkan produk tersebut dengan cepat dan mudah? Online shopping adalah solusinya. Hal ini tentu saja berlaku untuk produk-produk lainnya.

Batik Keris - Pusat Kerajinan Nusantara

Yang kedua, Batik Keris tidak memiliki jaringan informasi inventory secara online. Ini terjadi ketika kemarin aku bermaksud membeli baju untuk istriku. Ukuran yang kucari ternyata tidak ada dan mereka tidak bisa memastikan apakah barang tersebut akan dikirim lagi dan kapan waktunya. Mereka hanya bisa menyarankan untuk mencoba di toko Batik Keris yang lain yang lebih lengkap, tentu saja tanpa jaminan bahwa produk yang kucari tadi ada di toko tersebut.

Hal ini sangat berbeda dengan jaringan toko sepeda Rodalink. Jika anda mencari jenis sepeda tertentu dan kebetulan tidak ada di toko tersebut maka dia bisa mengecek stok jenis sepeda tersebut di toko yang lain. Mereka juga memiliki jadual pengiriman yang pasti sehingga mereka bisa memastikan kapan anda akan mendapatkan sepeda tersebut. Selain itu di situs Rodalink kita juga bisa mengecek katalog produk mereka sehingga jika kita akan membeli sepeda kita bisa mengecek harga, spesfikasi, warna dan sebagainya. Begitu kita sampai di tokonya kita tinggal memastikan saja sambil meminta second opinon dari pramuniaganya.

Rodalink

Iklan

One response to “Batik Keris versus Rodalink

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s