Novel baru Andrea Hirata | Padang Bulan dan Cinta di Dalam Gelas

Dwilogi | Padang Bulan & CInta di Dalam Gelas

===Walaupun semua novelnya sukses di pasaran dan menyihir pembacanya, namun saat ditanya novel mana yang paling berkesan baginya, ternyata bukan di antara buku-buku itu. ”Novel yang paling gue banget itu ya dua novel Padang Bulan dan Cinta di Dalam Gelas yang akan terbit tak lama lagi,” ujarnya. Lha?

Katanya, novel itu bercerita tentang dia sebagai orang Melayu kampung. ”Itulah buku favorit saya,” ujar anak Belitong yang lahir 24 Oktober, 35 tahun lalu itu.===

Sumber: Kompas

Kita tunggu saja apakah dua novel yang akan terbit tersebut kualitasnya bisa lebih baik dari Maryamah Karpov. Menurutku Maryamah Karpov tidak sebagus Laskar Pelangi, Sang Pemimpi dan Edensor. Meski demikian dia membawa nuansa (genre) baru dalam khasanah novel Indonesia.

Belajar dari pengalaman membaca Maryamah Karpov, kita harus melepaskan diri dari bayang-bayang trilogi Laskar Pelangi, Sang Pemimpi dan Edensor ketika membaca dwilogi ini. Begitu kuatnya trilogi tersebut dalam membentuk citra, kesan atau pakem dari karya-karya Andrea Hirata sehingga ketika Maryamah Karpov berada di luar pakem tersebut banyak yang merasa kecewa. Cara terbaik untuk menikmatinya adalah dengan menganggapnya sama seperti novel-novel lain hanya saja kebetulan ditulis oleh Andrea Hirata.

Jangan lupa untuk membaca resensi novel Padang Bulan dan Cinta di Dalam Gelas sebelum membelinya.

Pre-Order (sumber: http://kutukutubuku.com/)

Berikut adalah gambaran sekilas tentang kedua novel tersebut yang kudapatkan dari situs kutukutubuku.com.

PADANG BULAN menceritakan Enong yang bertekad untuk belajar bahasa Inggris dengan ikut kursus di Tanjong Pandan. Enong tahu, umurnya akan menjadi tantangan paling besar karena dia harus bersaing dengan anak-anak muda.

Sementara itu, Ikal terpukul oleh penolakan ayahnya. Cintanya kepada A Ling sudah bulat, namun ternyata ayahnya menolak mentah-mentah. Sementara, A Ling juga entah di mana. Akibatnya, Ikal merasa otaknya sedikit terganggu dan memutuskan untuk mencari pekerjaan ke Jakarta, menjadi pegawai berseragam yang memiliki uang pensiun seperti yang diinginkan ayah dan ibunya.

Tepat sebelum nakhoda kapal mengangkat sauh, Ikal berubah pikiran. Ada yang belum tuntas ia selesaikan. Ia harus kalahkan Zinar dalam tanding catur!

CINTA DI DALAM GELAS bertutur tentang tugas berat di pundak Ikal. Dia harus membantu Maryamah memenangkan pertandingan catur saat 17 Agustus nanti. Maryamah, yang menyentuh bidak catur saja belum pernah, harus mengalahkan juara catur selama dua tahun berturut-turut yang sekaligus juga mantan suaminya. Namun, lebih dari itu, jenis kelamin Maryamah menjadi tantangan berat untuk bisa mencebur ke dalam pertandingan penuh harkat bagi kaum lelaki ini.

Bagi penonton yang pro maupun kontra, usaha Maryamah jelas sebuah suguhan yang sangat menarik. Begitu pulakah dengan Maryamah?

Iklan

45 responses to “Novel baru Andrea Hirata | Padang Bulan dan Cinta di Dalam Gelas

  1. bru Liat kmren…
    mau Lgsung bLi tpi pas Liat hrga’a sgtu Lgsung mkir Lg !!!

    kPan pesta buku d istora??
    dpet diskon brpa kira2..?

    • Pesta buku Jakarta 2010 sudah usai tanggal 11 Juli kemarin. Tunggu saja Indonesian Book Fair 2010 di bulan Oktober sambil menabung dulu 🙂

    • Cukup murah karena novel (dua novel) tersebut lumayan tebal. Kalau mau lebih murah lagi bisa belanja online, selisih harganya 11.000, ongkos kirim (Jabodetabek) 6000, jadi masih untung 5000 :). Jika mau bersabar tunggu saja event Indonesian Book Fair bulan Oktober 2010, kemungkinan ada diskon.

  2. saya cari di Gramedia.com dan gramedia online kok tidak ditemukan yah dwilogi itu?..thanks… padahal ingin beli … kira2 di Gramedia Kupang NTT sudah ada belum yah?..thanks

    • Mungkin katalog online mereka belum diupdate. Di Gramedia Kupang mungkin sudah ada. Karena sejak dwilogi tersebut diluncurkan secara resmi, di Gramedia langsung tersedia. Jika masih ragu-ragu silahkan telpon langsung ke Gramedia (0380) 821 366

    • selain berkisah tentang enong, seorang gadis pendulang timah yg bertekad kuat mempelajari bhs inggris, padang bulan bercerita tentang ikal juga. di sini kisah asmaranya dengan a ling dituntaskan :).

      sementara pada cinta di dalam gelas inti ceritanya tentang enong (maryamah binti zamzani) yang memakai media pertandingan catur sebagai alat untuk mengembalikan harga diri dan melawan penindasan laki-laki. tentu saja masih ada ‘campur tangan’ ikal di sini

  3. saya juga pengen beli bukunya jadi belum kesempat2x juga kalau boleh tau harganya berapa..????

    lebih mahal dari pada maryamah karpov yach…???

  4. tadi udah ke gramedia saking penasarannya ama isi buku’a tapi harganya mahal banget Rp 76.000-, makanya tahan dulu dech penasarannya ampek harga sedikit miring dan terjangkau ama isi kantong.

  5. Saya sudah membacanya. Pada waktu beli, lebih karena terkesan dengan 4 novel sebelumnya. Hampir sebulan kemudian, novel itu baru saya baca dengan agak malas-malasan karena membayangkan tebalnya. Tapi, amboi! “Kau buat aku tertawa-tawa sendiri dan terharu biru, Boi!” Kalimat itu untuk Andrea Hirata. Hanya dalam dua jam (pada suatu perjalanan), saya berhasil mengkhatamkannya. Memang sih, ada beberapa yg kulewati, terutama saat si Ikal menceritakan latar belakang cerita.

    O, ya. Di awal Cinta Dalam Gelas, saya akhirnya bisa menebak hubungan yang kuat antara Maryamah Karpov dengan Enong. Kalau menurut Anda bagaimana?

    • saya juga menebak hal yang sama 🙂 tidak ada salahnya melewati bagian cerita tentang Ikal (terutama tentang asmaranya dengan Aling) karena kita tetap mendapatkan cerita yang utuh

  6. ehm…ehm….keg nha tlt nieh aQ……. tp gpp. xlo skrg brp sich harga nya?
    penasaran bgt mo baca nove nya….
    pa lg ku termasuk fans nya mas andrea jg lho………
    semua novel tetralogi laskar pelangi dah d bc smw, bner2 menggugah hati…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s