Musisi yang paling produktif

Siapa lagi kalau bukan Raden Haji Oma Irama alias Rhoma Irama. Dari tahun 70-an sampai sekarang musisi ini masih mengeluarkan album-albumnya. Bandingkan dengan musisi lain yang seangkatan, jika tidak bubar mereka vakum tidak menelurkan album. Terlepas dari kehidupan pribadinya yang (bagi sebagian orang) agak kontroversial karya-karyanya selalu bermutu dan evergreen, tak lekang oleh waktu. Di desa-desa, lagu-lagunya Rhoma Irama selalu menjadi menu wajib setiap kali ada pesta perkawinan/khitanan sejak jaman speaker TOA sampai sound system ribuan watt.

Selain sukses dalam rekaman, Rhoma Irama (Soneta Group) juga sukses di atas panggung konser. Konsernya selalu dipadati penonton. Skill-nya tidak diragukan lagi sehingga tidak heran jika dari dulu sampai sekarang mereka tidak pernah takut tampil live. Tidak ada istilah lipsync dalam kamus musiknya.

Meskipun mereka mengusung konsep musik Melayu namun kita akan menemukan warna petikan gitar ala Ritchie Blackmore dalam lagu-lagunya. Terutama lagu-lagu dari awal perjalanan karirnya.

Dalam sebuah forum pernah diceritakan tentang sekelompok anak muda yang mengolok-olok Rhoma Irama. Kebetulan di situ ada musisi senior Idang Rasyidi. Idang mengingatkan anak-anak muda tersebut dengan mengatakan bahwa ibaratnya Rhoma Irama adalah Santana-nya Indonesia. Anak-anak muda tersebut langsung tersenyum kecut karena musisi senior sekelas Idang Rasyidi saja angkat topi dengan Rhoma Irama.

Sayup-sayup terdengar,

Kenapa semua yang asyik-asyik itu diharamkan

Kenapa semua yang enak-enak itu yang dilarang

Na na na na na na na naaaaa

Itulah perangkap setan……..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s