Blogger plagiator (Pemberian kredit dan pencantuman sumber – plagiarisme dalam skala kecil)

Hari ini aku menemukan sebuah tulisan yang memakai gambar dari situs id.wikipedia pada sebuah blog milik seorang mahasiswa. Sayangnya dia tidak mencantumkan sumber gambar tersebut. Aku langsung tahu itu dari wikipedia karena yang membuat dan mengunggah gambar tersebut adalah aku πŸ™‚

Masih hangat dalam ingatan kita tentang seorang dosen dari institut ternama di Bandung yang melakukan praktik plagiarisme. Kini dalam skala kecil kita menemukan hal yang sama dan itu juga dilakukan oleh mahasiswa yang notabene masih fresh dan belum lupa tentang rambu-rambu ilmiah ketika mengambil kutipan atau referensi dari hasil karya orang lain.

Pengambilan gambar, tabel, grafik dari situs lain tanpa memberikan kredit atau pencantuman sumber sebaiknya kita hindari walaupun itu dalam blog pribadi. Kecuali kita tidak peduli dengan reputasi kita sebagai blogger. Tentunya kita tidak ingin dicap sebagai blogger pengutil. Blogger yang suka mencomot hasil karya orang lain tanpa memberikan kredit atau mencantumkan sumber.

Bahkan untuk karya-karya dengan lisensi bebas pun ada baiknya kita cantumkan sumbernya. Kenapa demikian? Ada kalanya pembaca blog kita memerlukan informasi lebih lanjut yang itu hanya bisa ditemukan di situs aslinya.

Jangan asal Co-Pas!!

Maju terus blogger Indonesia!

Keprihatinan terhadap praktik asal Co-Pas (sumber: http://www.nijarhisham.web.id)

Iklan

6 responses to “Blogger plagiator (Pemberian kredit dan pencantuman sumber – plagiarisme dalam skala kecil)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s