Afrika Selatan – Sheikh Yusuf – Zain Bhikha

Negeri yang akan menjadi tuan rumah sepakbola Piala Dunia ini memiliki populasi muslim yang cukup besar. Dari jumlah penduduk 49.320.000, 1,5% adalah pemeluk Islam  (739.800).

Banyaknya muslim di negeri tersebut tentu tidak bisa dilepaskan dari jasa Sheikh Yusuf, seorang ulama kelahiran Makassar tahun 1626. Setelah beliau menyelesaikan ibadah haji dan menuntut ilmu di Mekkah beliau tidak bisa pulang ke kampung halamannya karena Kerajaan Gowa sudah ditaklukkan Belanda. Karena itu beliau memilih untuk tinggal di Banten dan bergabung dengan Sultan Ageng Tirtayasa untuk melawan Belanda.

Makam Sheikh Yusuf di Cape Town (sumber: med-ina.org)

Setelah Sultan Ageng Tirtayasa bisa dkalahkan Belanda akibat pemberontakan dari anaknya yang dibujuk Belanda, beliau melarikan diri sambil melanjutkan perlawanan. Belanda berjanji untuk mengampuni Sheikh Yusuf jika beliau bersedia menyerahkan diri. Ternyata itu hanya taktik Belanda saja. Setelah Beliau menyerahkan diri (1684), Belanda menahannya di Batavia kemudian mengasingkannya ke Sri Lanka. Mengingat Sri Lanka terletak di jalur pelayaran pelaut-pelaut Indonesia dan jaraknya tidak terlalu jauh dari Indonesia maka dikhawatirkan beliau akan melarikan diri sehingga Belanda mengasingkannya ke tempat yang lebih jauh lagi yaitu ke Tanjung Harapan/Cape Verde (1694), Cape Town sekarang.

Masjid Nurul Latief - Cape Town yang terletak di kompleks makam Shekh Yusuf (sumber: macassar.co.za)

Untuk mengurangi pengaruhnya terhadap budak-budak milik VOC, Sheikh Yusuf ditempatkan di Zandvliet, sebuah area pertanian di luar Cape town. Meski demikian rencana ini tidak sepenuhnya berhasil karena di tempat inilah Sheikh Yusuf menyebarkan ajaran Islam. Tempat pengasingannya justru menjadi tempat penampungan budak-budak yang melarikan diri. Dari sinilah cikal bakal komunitas muslim Afrika Selatan berasal.

Zain Bhikha

Banyak yang tertipu dan mengira bahwa lagu Give Thanks to Allah dinyanyikan oleh Michael Jackson. Padahal lagu tersebut dibawakan oleh penyanyi (munsyid) dari Afrika Selatan bernama Zain Bhika. Zain Bhikha adalah salah satu pelopor nasyid berbahasa Inggris. Berkat jasanya jenis musik ini mulai diperhatikan dan mendapat tempat terutama di komunitas muslim di Eropa, Australia dan Amerika Serikat. Albumnya banyak beredar di Turki, Malaysia, Inggris, Belanda, Australia, Perancis, Inggris, India, Pakistan, Timur Tengah, Amerika Utara dan sebagian di Indonesia (Allah Knows).

Zain Bhikha berkolaborasi dengan banyak musisi muslim a.l. Native Deen, Dawud Wharnsby Ali, Yusuf Islam, Raihan, Outlandish dan Sami Yusuf. Sebagian besar karyanya ditulis sendiri karena dorongan emosi dan keinginan untuk meyakinkan banyak orang agar berpaling dan menyerahkan diri kepada Yang Maha Kuasa agar bebas dari kebimbangan dan mendapat jawaban bagi setiap pertanyaan mendasar dalam kehidupan manusia sehari-hari. Musiknya mengusung kontemplasi spiritual dan mendorong muslim agar mantap dan bangga dengan imannya dan berperan bagi dunia yang lebih baik.

http://www.zainbhikha.com/02_history.html

http://en.wikipedia.org/wiki/Sheikh_Yusuf

http://en.wikipedia.org/wiki/South_Africa

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s