Pesaing di depan mata – Asia Pacific Space Center | Pusat Pluncuran Roket di Pulau Chritmas Australia

Ambisi Indonesia untuk menjadikan Pulau Biak sebagai pusat peluncuran satelit (Biak Space Center) mendapat pesaing serius dari APSC (Asia Pacific Space Center). APSC adalah perusahaan milik Australia yang menjadikan Pulau Christmas di selatan Pulau Jawa sebagai pusat peluncuran satelit.

 

APSC didirikan sebagai respon dan prediksi sejak awal akan tingginya permintaan jasa peluncuran satelit komersial maupun ilmiah di masa kini dan yang akan datang. Telekomunikasi, sistem pemosisian global, serta penginderaan jarak jauh merupakan bidang-bidang yang paling banyak membutuhkan satelit baru.

Rute peluncuran roket dari Pulau Christmas (sumber: http://www.aerospace-technology.com/projects/christmas/christmas2.html)

 

Pulau Christmas dipilih karena memiliki jarak yang relatif dekat ke garis khatulistiwa (Pulau Biak lebih dekat lagi), iklim yang mudah diprediksi, infrastruktur yang mendukung, kondisi geografis yang terpencil, serta stabilitas politik Australia menjadikan salah satu keunggulannya. Proyek APSC dimulai sejak tahun 2001 dan peluncuran pertama dilakukan tahun 2003 untuk National Space development Agency milik Jepang. Sebelumnya pada tahun 2002 telah dicoba tiga buah peluncuran roket pengorbit satelit dari pulau ini.

 

Kontraktor utama dari proyek peluncuran satelit ini adalah Samara Space Center, berpusat di Sidney Australia dan Badan Penerbangan dan Antariksa Rusia (Rosaviacosmos)

 

http://www.aerospace-technology.com/projects/christmas/christmas3.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s