Tradisi menulis di berbagai negara – Peringkat jumlah artikel di Wikipedia

Dengan melihat total jumlah artikel di Wikipedia dari berbagai bahasa yang ada di dunia kita akan melihat budaya ilmiah (menulis) pada masing-masing pengguna bahasa tersebut.

Berikut adalah peringkat sepuluh besar jumlah artikel dari berbagai bahasa di dunia.

Peringkat bahasa dari jumlah artikelnya di Wikipedia

Tidak mengherankan jika Bahasa Inggris menduduki peringkat pertama karena ia merupakan bahasa internasional. Bahkan di banyak negara ia merupakan bahasa pengantar kedua. Selain itu bahasa Inggris adalah bahasa ilmu pengetahuan.

Akan tetapi jika lihat rasio antara jumlah artikel dan total penutur dari bahasa tersebut maka peringkatnya adalah sebagai berikut.

Peringkat bahasa berdasarkan rasio antara jumlah artikel dengan banyaknya penutur bahasa tersebut

Ternyata yang memiliki tradisi menulis paling tinggi adalah orang-orang yang memakai Bahasa Jerman. Bahasa Inggris sepertinya harus kita abaikan karena dia adalah bahasa internasional. Peringkat berikutnya adalah Bahasa Belanda. Dengan jumlah penutur hanya 25 juta mereka memiliki 606.000  artikel.

BahasaBelanda dengan Bahasa Jerman adalah bahasa yang masih serumpun. Bahkan ada anekdot bahwa Bahasa Belanda adalah sempalan dari Bahasa Jerman. Kita acungkan jempol untuk orang-orang Belanda dan Jerman karena mereka memiliki tradisi menulis yang tinggi. Tidak heran jika Jerman selalu menjadi pelopor dalam kemajuan berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dari jaman dahulu hingga sekarang. Dan hal itu terefleksikan dari banyaknya jumlah artikel mereka di Wikipedia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s