Karakter orang Korea Selatan

Rangkuman karakter orang Korea Selatan ini merupakan oleh-oleh dari acara Multicultural Integration Workshop.

Karakteristik orang Korea Selatan
1. rajin, pekerja keras
2. rasa nasionalime yang tinggi
3. “pali-pali”, semuanya ingin serba cepat
4. cepat beradaptasi terhadap perubahan lingkungan/keadaan
5. berorientasi pada hubungan antar individu (affection)
6. bersikap eksklusif terhadap kebudayaan dari luar

Latar belakang karakter orang Kore Selatan
1. dikelilingi oleh negara-negara besar, China, Rusia dan Jepang
2. sasaran ekpansi dari negara-negara tersebut
3. pernah dijajah oleh China dan Jepang
4. perang dan ketegangan yang terus berlangsung dengan Korea Utara
5. 70% wilayahnya bergunung-gunung, tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan pangan bagi penduduk selama musim dingin
6. kebutuhan terus-menerus akan respon yang cepat dan kemampuan beradaptasi agar mampu bertahan (survive)

Etika Konfusianisme
1. nilai kemanusiaan berdasar pada jaringan atau hubungan dalamΒ  keluarga
2. negara merupakan bentuk besar dari jaringan atau hubungan keluarga
3. kepentingan umum/komunitas lebih utama daripada kepentingan pribadi
4. sayang dan hormat kepada orang tua
5. pendidikan adalah satu-satuya cara untuk menaikkan status sosial dan memperoleh kesejahteraan

Sebelumnya Korea menganut semacam sistem kasta. Hanya orang-orang tertentu dari kasta tertinggi yang bisa menduduki/mengisi posisi dalam pemerintahan. Tetapi ketika dijajah Jepang sistem Kasta tersebut dhapus. Buku-buku yang memuat silsilah kasta dimusnahkan oleh Jepang. Untuk bisa mengisi posisi dalam pemerintahan maka setiap orang harus lulus ujian. Sejak saat itu semua orang Korea berlomba-lomba dalam mendidikΒ anak-anaknya agar bisa menaikkan status sosial mereka.

Iklan

37 responses to “Karakter orang Korea Selatan

    • hi, vega. i’m sorry i don’t have such information you need. as we know, they’re very exclusive. i wonder they’ll add other ethnic/nationality to be the member of their club

    • beruntung aku sempat tinggal di sana selama 6 bulan 2 minggu πŸ™‚
      sayang belum sempat berkunjung ke Nami Island yang terkenal dengan Winter Sonata

  1. i love korea…………
    all about korea………
    hmmmmmmmm…jdi kepengen punya suami org korea niih…romantis jg gag ya kek di drama2 ituu..?
    wkwkwkwk…
    jdinya kalo natal kan bisa pulkam ke korea bareng husband sambil honey moon..
    hahahahaha….

    oia,org korea penyayang mertua gag sih????
    trmasuk royal ga ya?

    • pasti gara-gara K-Drama nih πŸ™‚
      romantis tidaknya aku kurang tahu.
      mereka pekerja keras, workaholic.
      siap ga tiap hari suami sampai rumah minimal jam 8 malam?

      just my opinion, seperti halnya orang Jepang menurutku norma susila mereka agak longgar. bersenang-senang di karaoke bagi mereka adalah hal biasa. banyak diantaranya yang berprinsip, yang penting pasanganku tidak tahu. tentu saja kita tidak bisa menggeneralisasi hal ini πŸ™‚

      mestinya mereka juga sayang/hormat dengan mertua seperti halnya mereka sangat menghormati orang tuanya πŸ™‚

  2. ingin berbagi info sj, kbtlan sy menikah dgn org korea sdh berjln 10th, dan selama ini antara ke 2 kluarga km sgt rukun dan saling menghormati, memang kebiasaan org korea plg kantor tdk langsng pulang tp mrk bertmu dgn bbrp teman sesama org korea mrk saling berbagi tkr pikiran dlm bisnis, itupun tdk smp larut mlm biasanya sblm brtmu dgn teman2nya suami sll izin dgn istrinya ,

    dan selama ini sy slalu diajarkan dgn suami sy agar selalu rajin membaca, pengethuan tntang bisnis dgn org korea, smp saat ini km sl bkrj bersama, dan jk ada kesulitn mrk tdk segan2 membantunya tnpa pamrih.
    utk mslh karaoke hny utk menghlngkan kepenatan didlm pekerjaan sj, itu jg tdk tiap hari ada saatnya, jd tergantg orgnya,

    kbtlan suami sy tdk suka minum, dan orgnya sgt romantis dia sll membrkan kejutan kl diantara km ada yg ultah wlpun sbg teman, utk mslh keuangan mrk bknnya pelit tp smua hrs ada perencanaan(apa yg kt butuhkan saat ini..), dan dgn org tua atau senior mrk sgt menghormati, maaf ya kl sy terlalu bnyak bicaranya, krn apa yg sy alami sampai saat ini kdng tdk sesuai dgn apa yg diperbuat oleh org korea, krna suami sy sangat senang tinggal di indonesia atas keramah tamahannya dan banyak budayanya…. jadi marilah kita saling menghormati org lain walpun beda agama, beda suku, beda negara….. tq

    • menarik sekali pengalaman/info bu tatiq. dengan demikian setereotype orang korea seperti yang saya sebutkan di atas telah terbantahkan dengan sendirinya. semoga pernikahannya langgeng πŸ™‚

  3. Mau tanya kalau bisnis dg org Korea bgmn ? apakah mereka jujur ? Kalau berbicara ttg uang kenapa mereka mudah menganggap “matre” ? Untuk masalah2 mayangkut ke uangan harus bgmn dgn orang korea? Mengapa mereka sepertinya kurang “pengertian….” atau memang tidak mau mengerti,…pura2 gitu? Kalau meminta, or negosiasi income bagaimana cara terbaik denagn orang korea ? OK Mauliate godang

    • Secara umum orang Korea jujur. Seperti halnya orang Jepang, mereka menuntut loyalitas dan kerja keras.

      Saya belum pernah bernegosiasi soal gaji dengan orang/perusahaan Korea :).
      Pendapat saya, jika anda ingin bernegosiasi soal income maka anda harus bisa menunjukkan performa anda dulu. Atau jika anda baru melamar untuk suatu posisi maka anda harus bisa menunjukkan achievment atau portofolio anda.

      Contohnya, di perusahaan Korea tempat saya bekerja, ada banyak reward yang bisa diperoleh oleh karyawan berprestasi. Kriteria dan sasarannya sangat jelas dan terukur. Improvement kecil2an bisa diganjar reward antara 20.000 ~ 1.000.000. Untuk proyek2 besar bisa sampai 15 juta rewardnya (sayangnya saya belum pernah mendapatkannya :D).

      Artinya seperti halnya orang/ perusahaan dari negara lain yang tidak selalu pelit atau generous, begitu juga perusahaan Korea πŸ™‚

  4. super sekali mas irawan.

    saya saat ini juga mengalami hal yang sama ketika saya ingin melamar diperusahaan game developer yang ternyata ownernya orang korea. Mereka menyambut saya dengan baik begitu pula ownernya. Singkat cerita owner ini memang membutuhkan seorang yang bisa web designer dan saya tertarik dan langsung bercerita tentang portofolio saya saat di interview pada waktu itu. Mereka tertarik dan untuk masalah gaji mereka tidak menawar2 lagi masalah gaji yang saya ajukan. Tapi semoga saja dengan saya bergabung dengan perusahaannya menjadi lebih baik dari pandangan2 tentang orang korea yang negatif

    • Tiap-tiap bangsa/etnis pasti memiliki plus-minus.

      Sejauh yang saya tahu, banyak karakter/kebiasaan positif orang Korea yang bisa kita tiru. Dimulai dari hal paling ringan seperti rajin menyikat gigi. Kini di pabrik tempat saya bekerja banyak karyawan yang mengikuti kebiasaan tersebut πŸ™‚

    • saya kurang tahu πŸ™‚
      sepertinya sama saja dengan orang Indonesia. cenderung mencari yang lebih muda. satu lagi, orang Korea rata-rata menikah di usia 30-an sedangkan orang Indonesia kebanyakan antara usia 25-30 tahun.

    • orang korea tidak sombong. hanya saja mereka sedikit tertutup kepada orang asing. perlu beberapa waktu agar akrab dengan mereka. begitu kita saling mengenal baik dengan mereka maka komunikasi pun jadi lebih mudah.

      orang korea sangat menghormati orang yg lebih tua. bahkan mereka yang berbeda satu tahun pun dianggap senior oleh mereka.

  5. Orang Korea? Rata-rata asik. Kebetulan client 100 % orang Korea. Puji Tuhan, selama ini bisa saya katakan hubungan bisnis berjalan dengan baik walaupun ada satu atau dua kendala. Saya sudah berhubungan dengan client Korea sudah 8 tahun. Sudah cukup tahu karaktetistik mereka, sedikit kurangnya. Bagi mereka, kita harus bisa menjaga janji atau perkataan. Setidaknya jika kita tidak mampu, kita komunikasikan kepada mereka agar bisa dicari jalan keluar bersama. Suaranya nyaring, kebanyakan sih begitu. Kalau bicara seperti orang berantem, tapi belum tentu demikian, bisa jadi itulah kaakteristik suara ataupun cara berkomunikasi. Jadi tidak bisa disamaratakan. Sama kan seperti beberapa etnis tertentu di Indo hehehe. Pendidikan, segalanya. Tidak heran orang Korea sangat maju dlm teknologi. Mereka tekun belajar, sudah tua pun masih ikut beberapa kursus atau privat.

    • banyak cara:
      1. kuliah atau bekerja di korea
      2. sering2 berlibur di korea
      3. bekerja di perusahaan korea yang banyak ceweknya
      semoga berhasil πŸ™‚

  6. Pada kenyataan nya orang korea selatan itu umum saja atau gimana?
    Dan bagaimana orang asing yang tinggal di korea, terutama indonesia, apakah sama dihargainya dengan orang lokal. Katanya budaya mereka keras ringan tangan, dan itu hal biasa. agar bisa cocok dengan mereka kita harus bagaimana?

    • Orang Korea memang pekerja keras, terbiasa bekerja cepat. Jika tidak puas dengan pekerjaan kita mereka akan komplain secara langsung, kadang sampai berteriak-teriak jika dia terlalu marah atau jengkel. Akan tetapi sekarang orang Korea semakin terbuka dan mulai belajar budaya negara-negara yang mereka tinggali sehingga mereka lebih terbuka terhadap budaya dan karakter orang lain. Mereka tidak ringan tangan.

  7. makasih jawabannya. Kalo boleh tau, banyak ga orang indonesia yang sekarang jadi warga korea?
    TKI kita disana rata2 paling banyak bekerja disektor apa?
    secara uang kita, kalo kita mau siap bekerja di korea itu berapa dan
    rata2 berapa tahun TKI kita diperbolehkan bekerja di korea?

    • saya tidak tahu berapa banyak orang Indonesia yang menjadi warga Korea Selatan. mungkin jumlahnya sedikit sekali.

      saya hanya pernah tinggal 6 bulan di Korsel, itupun dalam rangka training. TKI di Korsel banyak bekerja di sektor industri (pabrik).

      sepertinya tidak ada batasan berapa lama masa kerja selama masih memiliki visa kerja. silahkan anda periksa di situs imigrasi Korsel

  8. kebetulan saya skrg juga sedang menjalani hubungan dengan pria korea yg sedang bekerja di tempat saya tinggal.10 thn yl waktu saya masih di Texas ssya sempat punya kesan menyebalkan dengan bangsa korea. kebetulan apes kali ye hehe..
    sekarang punya pacar si orang ginseng..ahhh ternyata saya salah menilai.ga semua mereka nerd…
    kebetulan dia cukup berpendidikan tinggi, berasal dari keluarga yang cukup terpandang…so ngomongnya alusss banget ky wong solo hehe…

  9. oya tambahannya…semua yg disebutkan diatas memang betul adanya.
    dan satu lagi lelaki korea sangat tangguh dan bertanggung jawab lahir dan batin.sori bukan ngerendahin cowo indo ya…tapi mereka memang tau dan ngerti juga ngelaksanain apa yang namanya tanggung jawab.tapi kurangnya…mereka juga kadang rapuh kaya kerupuk hehe…
    buat cewek indo yg kesemsem berat ma cowo korea…pinter pinterlah mengerti, mensupport dan masakin buat doi….walahhh di jamin nempel dwehhh hehe

  10. Halo, saya mau tanya.. kalau kita kenal orang korea itu ga langsung… atau hanya melalui situs jejaring sosial , apakah mereka ga bisa terbuka sama kita… saya punya teman, awal chat dia ramah dan lucu, tapi setelah beberapa saat dia jadi sonbong, tidak membalas chat dari saya lagi,..

    • Sebenernya bisa cm mereka emang cenderung tertutup sm org yg br di kenal~ saranq sih cr aja org korea yg pernah tinggal di luar negeri~ mereka biasanya lbh open minded dan bisa berbahasa inggris lebih lancar~ selain itu tipe orang korea yang pernah tinggal di luar negeri mereka lebih easy going klo di ajak kmn2~ hehehe~ smuga bermanfaat ya~ πŸ™‚

      • Klo mslh ga di bls mgkn ada berbagai faktor~ yang pertama mungkin dia lg sibuk krn mereka memang pekerja keras~ pacarku biasanya bekerja 16 jam dalam sehari~ kedua mungkin kendala bahasa~ kebanyakan org korea ga bs bhsa ing jd mereka bingung mau ngo ap dan bhs ing mereka tidak jelas~ tmn Koreaq Ada yg sampai frustasi bljr bhs ing krn menurut dy bhs ing itu susah tp krn untuk bisa bekerja di ausi dia berusaha mati2an~ ausi dan korea memang ada jalur krjasamanya~ yg terakir org korea itu mgkn tipe rasis cm mau berteman dgn orang bule~

  11. jadi pingin belajar banyak dari mereka..
    terkadang saya berfikir ingin menjadi seperti mereka..
    tapi kebiasaan orang indonesia masih mengalir dalam diri saya, seperti halnya masih mengulur waktu dan menganggap satu menit itu bukan masalah besar.

    sekalian mau tanya dong, bagaimana perkembangan dunia kesehatan disana?

    • kita tiru karakter mereka yang bagus, misalnya: kerja keras, kerja cerdas dan kerja cepat. salah satu kebiasaan ringan orang Korea Selatan yang bagus untuk ditiru adalah rajin menggosok gigi.
      saya tidak tahu perkembangan bidang kesehatan di sana. terakhir kali saya ke Korea Selatan tahun 2006 πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s