Parenting | Memilih mainan terbaik untuk anak

If we give them less they will do more
But if we give them more they will do less

Itulah pedoman dalam memberikan mainan terbaik untuk buah hati kita. Kalimat itu terdapat dalam buku “Panduan Memilih Mainan Terbaik Sepanjang Masa”. Walaupun belum sempat membaca isinya karena bukunya harus dikirim ke seberang pulau tetapi kalimat itu sudah mampu membuka pikiran.

Lalu aku teringat dengan anakku yang sangat senang bermain balok-balok kayu. Balok-balok kayu berukuran 4×6 cm tersebut sebenarnya adalah sisa-sisa gelagar untuk lantai rumah yang bermacam-macam panjangnya. Oleh si Emil balok-balok kayu tersebut bisa diubah menjadi bermacam-macam obyek mulai dari kereta api, bus, gerbang, garbarata, rumah.

Walaupun belum bisa menghitung, ia bisa menandai balok-balok tersebut sehingga jika ada yang kurang dia akan mencari-carinya. Mungkin anak-anak memberikan asosiasi kepada masing-masing balok tersebut sehingga mereka mampu menandainya. Balok kecil mereka ibaratkan mobil, yang agak panjang adalah bus dan yang terpanjang adalah kereta api.

Lihatlah! Kesederhanaan bentuk tersebut justeru membuat imajinasi anak-anak berkembang. Bentuk-bentuk yang sederhana tersebut secara kasar mampu mewakili benda-benda atau obyek-obyek di dunia nyata. Lain halnya jika kita memberi mainan bus atau mobil-mobilan selamanya mainan tersebut akan menjadi bus atau mobil. Tidak mungkin anak kita akan menjadikan busnya sebagai kereta api dan sebaliknya.

Begitu juga mainan berupa building block sangat baik merangsang imajinasi anak. Building block akan memberikan kesempatan kepada anak untuk mencoba kombinasi berbagai macam bentuk.

Biarkan anak-anak bermain dengan imajinasinya. Jangan sekali-kali mentertawakan bentuk-bentuk yang menurut orang dewasa tidak sesuai dengan yang dikatakan anak. Alih-alih anda mentertawakan anak-anak yang merangkai building block menjadi sebuah gajah karena menurut anda lebih mirip kambing misalnya, cobalah rangsang imajinasi anak dengan menanyakan bagian-bagian tubuhnya, mana kaki, belalai, kepala dan seterusnya.

Building block juga sangat bagus untuk memperkenalkan konsep simetri kepada anak-anak. Dalam membuat berbagai macam bentuk-bentuk itu biasanya anak-anak akan belajar dengan sendirinya untuk membentuk simetri dan keseimbangan. Misalnya sayap pesawat yang sama panjang, kaki-kaki yang sewarna dan lain sebagainya.

Kesimpulannya mainan untuk si kecil tidak harus mahal dan rumit. Benda-benda sederhana di sekeliling kita bisa kita manfaatkan untuk menjadi mainan yang tidak kalah menarik.

Iklan

4 responses to “Parenting | Memilih mainan terbaik untuk anak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s