Membuat gorengan yang gurih dan lezat

Kata temanku singkong goreng buatanku terasa gurih. Lalu dia bertanya apa bumbunya. Rupanya selama ini ketika membuat singkong goreng oleh dia hanya digarami saja tanpa ada bumbu penyedap lainnya.

Agar gorengan terasa sedap dan gurih berikut adalah bumbunya.
1. Kunyit sepanjang ruas jari
2. Ketumbar 1 sendok makan
3. Bawang putih 2 siung
4. Bawang merah 2 butir
5. Garam secukupnya, sesuaikan dengan rasa asin yang kita inginkan.

Ketumbar dan garam dihaluskan terlebih dahulu, setelah itu haluskan bawang merah, bawang putih dan kunyit. Masukkan bumbu ke dalam rantang atau wadah lainnya. Tambahkan air, tambahkan garam jika terasa kurang asin. Masukkan bakal gorengan (singkong, tempe atau tahu) ke dalam bumbu tersebut. Diamkan selama beberapa menit agar bumbu meresap. Setelah itu angkat dan tiriskan sebentar lalu masukkan ke dalam penggorengan. Goreng dengan api  kecil agar garingnya merata.

Singkong Goreng (sumber: rb-win.blogspot.com)

Khusus untuk singkong goreng. Setelah dikukus sebaiknya didinginkan dulu agar singkong agak keras sehingga tidak menyerap minyak terlalu banyak. Bisa juga anda mengukus singkong pada sore hari lalu digoreng pagi harinya.

Agar bumbunya meresap, belah/potong singkong kecil-kecil lalu rendam singkong ke dalam bumbu agak lama. Berdasarkan pengalaman, ukuran singkong pada foto di atas masih terlalu besar. Kita bisa membelah tiap potongan singkong di atas menjadi tiga bagian yang lebih kecil.

Selain menyedapkan rasa gorengan, pemakaian kunyit akan mempercantik gorengan dengan warna kuning yang mengundang selera. Dan kunyit juga berfungsi menetralkan bau bawang yang menyengat. Selamat mencoba

Iklan

5 responses to “Membuat gorengan yang gurih dan lezat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s