Album Gradasi kelima | Sebuah Profil

Lama tidak terdengar kiprahnya Gradasi sebuah grup musik acapella mengeluarkan album ke-5 yang diproduksi secara terbatas. Berbeda dengan format 4 album sebelumnya dalam bentuk kaset, kali ini formatnya berupa CD dengan simple package – cover kertas. Jika kita mau bersabar maka kita akan bisa mendapatkan tandatangan dari personelnya.

Gradasi V - Sebuah Profil

Bagi kita yang akrab dengan grup acapella ini, album ke-5 ini menjadi semacam pengobat rindu akan alunan merdu dan atraksi vokal dan kualitas lirik dari lagu-lagu mereka. Walaupun kualitas audionya terasa kurang maksimal (mungkin karena diproduksi secara indie), jerih payah mereka untuk menelurkan album ke-5 ini patut kita acungi jempol.

Beberapa track lagu mungkin akan terasa asing ditelinga kita jika selama ini kita telah hafal/terbiasa dengan pakem lagu-lagu mereka. Misalnya Sambut Ramadhan dan Aku di Hadap-Mu mengusung warna baru yang berbeda dengan lagu-lagu mereka selama ini. Aku di Hadap-Mu tampaknya dimaksudkan untuk memenuhi selera pendengar musik saat ini yang akrab dengan lagu-lagu Ungu, D’Masiv dll. Dari 12 track lagu menurutku yang benar-benar terasa berwarna Gradasi adalah Mahligai Cinta, Green Kingdom dan Doa Khatam Quran.

Warna lain dari album ke-5 ini adalah banyaknya track yang berasal dari lagu-lagu daerah.

Antara lain : Tongtolang Nangka (Sunda), Gethuk (Jawa), Ayam Den Lapeh (Minang), Sirih Kuning (Betawi), Cop Mailang (Sumsel), Anging Mamiri (Sulsel). Banyak dari lagu-lagu daerah tersebut merupakan live recording.

Sebenarnya masih ada lagi harapan dari banyak penggemar Gradasi agar mereka merilis ulang album-album mereka (prioritas: Cahaya & Jiwa, Kupinang Engkau dengan Al-Quran) dalam format CD. Format kaset sudah ketinggalan jaman dan akan menurun kualitas audionya dengan semakin bertambahnya usia kaset. Jika hal itu terasa berat/banyak kendala mungkin album Gradasi The Greatest Hits bisa dipertimbangkan.

Iklan

5 responses to “Album Gradasi kelima | Sebuah Profil

  1. yuuup aku juga udh punya CDnya..Emg gradasi tuh grup nasyd idolaku. Paling suka harmonisasinya yang pake suara suara miring…
    Harus didukung untuk terus berkarya…
    Sayang kemampuan mereka kalau harus terpendam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s