Gunung tertinggi Indonesia di Pulau Jawa? | Kesalahan wartawan Media Indonesia

Sri Edi Swasono pasti akan kecewa karena lagi-lagi minimnya pengetahuan geografis tidak hanya melanda para mahasiswa tetapi juga para wartawan.

Tahukah anda gunung tertinggi di Pulau Jawa? Anda benar jika menyebut Semeru sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa. Jika saya ditanya berapa ketinggiannya, jujur saya tidak tahu angka tepatnya tapi yang pasti berkisar 3600-an meter di atas permukaan laut (dpl).

Hari ini wartawan Media Indonesia membuat kesalahan fatal dengan mengatakan bahwa lokasi jatuhnya pesawat Trike di Garut berada pada ketinggian 5.000 meter dpl. Jika saja wartawan tersebut mengetahui bahwa gunung tertinggi di Indonesia, Puncak Jaya di Papua memiliki ketinggian 5000-an meter dpl dia pasti akan menyadari bahwa dia membuat kesalahan ketika menuliskan angka 5.000 meter. Atau bila dia mengetahui bahwa ketinggian itu melampaui ketinggian Gunung Semeru.

Kesalahan kedua adalah wartawan tersebut tidak (berusaha) mengetahui ketinggian jelajah/terbang maksimum dari pesawat Trike. Pada ketinggian 5.000 meter dpl tidak mungkin dijelajahi oleh pesawat tanpa kabin bertekanan karena lapisan udaranya tipis (bertekanan rendah).

Kemungkinannya ketinggian 5.000 itu bersatuan kaki/feet sehingga ketinggiannya dalam satuan meter adalah sekitar 1500-an dpl. Ketinggian yang masuk akal untuk barisan pegunungan di Jawa ataupun ketinggian jelajah pesawat Trike.

Cuplikan berita dari Media Indonesia 10 Agustus 2010 tentang jatuhnya pesawat Trike

Iklan

4 responses to “Gunung tertinggi Indonesia di Pulau Jawa? | Kesalahan wartawan Media Indonesia

  1. Kadang wartawan jg mengetahui hal tsb dr kata orang di sktrnya pdhl sekali aja wartawan mlkkn kesalahan akan fatal akibatnya utk para penerima berita. Thx atas artikelnya, aq jd ikutan belajar nih

    • gunung tertinggi, sungai terpanjang, danau terluas itu kan sudah menjadi common sense bagi orang-orang terpelajar (pernah sekolah). menurutku ini keteledoran yang luar biasa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s