Evolusi tabung gambar televisi

Sejak siaran televisi analog dimulai 65 tahun yang lalu, tepatnya 1945 di Amerika Serikat, tidak banyak perubahan yang terjadi pada teknologi tabung sinar katoda (Chatode Ray Tube – CRT). Hingga dasawarsa 90-an tabung gambar televisi masih didominasi layar cembung dimana gambar yang dihasikan kurang bagus karena terdapat distorsi pada bagian pojok-pojoknya.

Kemudian pada pertengahan 90-an hadir teknologi layar datar yang berhasil menghilangkan kelemahan layar cembung. Meskipun begitu televisi layar cembung masih tetap diproduksi karena lebih murah dibanding televisi layar datar. Televisi layar cembung masih eksis hingga tahun 2005. Setelah itu produsen elektronik besar mulai menghentikan produksi televisi layar cembung karena semakin ditinggalkan konsumen akibat beralih ke televisi layar datar dan mendapat saingan baru dari Televisi Plasma dan Televisi LCD.

Perbandingan ketebalan tabung gambar televisi

Menghadapi serbuan televisi LCD dan Plasma produsen televisi CRT berinovasi dengan meluncurkan televisi tabung yang lebih ramping, Super-slim. Televisi CRT (21 inci) ini lebih pendek 9 sentimeter (tebal total 35 cm) dibanding tabung gambar normal (tebal total 44 cm). Dengan pengurangan ketebalan ini tentu saja beratnya menjadi lebih ringan. Sementara kualitas gambarnya menjadi lebih bagus.

Karena dirasa masih terlalu tebal dan telah dikembangkannya sirkuit elektronik yang mampu membelokkan sinar elektron dengan sudut yang lebih tinggi, produsen tabung gambar televisi tertantang untuk membuat tabung gambar televisi yang lebih tipis lagi. Maka lahirlah tabung gambar televisi Ultra-slim dengan tebal tabung total hanya 29,5 sentimeter. Lebih pendek 5,5 sentimeter dibanding tabung gambar Super-slim.

Perbandingan antara tabung gambar televisi Superslim dengan Ultraslim

Akhir-akhir ini, dengan diperkenalkannya LED LCD TV membuat harga  LCD TV semakin turun drastis sehingga selisih harganya dengan televisi CRT semakin tipis.  Nampaknya usia televisi tabung tinggal menunggu hari. Dalam beberapa tahun kedepan sepertinya televisi CRT akan berhenti diproduksi menyusul saudaranya monitor CRT yang sudah berhenti lebih dahulu.

Iklan

2 responses to “Evolusi tabung gambar televisi

    • sumbernya dari pengalaman/pengetahuan pribadi 🙂
      sejak tahun 2002-sekarang aku bekerja di bagian riset dan pengembangan sebuah pabrik televisi dari Korea Selatan.

      jika ragu, bisa meriset sendiri dimensi tabung gambar televisi yang ada di pasaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s