Memanfaatkan waktu luang | Mengantri sambil membaca

Apa yang akan anda persiapkan ketika anda akan melakukan proses menunggu atau antrian? Misalnya antrian servis motor atau mobil, menunggu keberangkatan pesawat, bus atau kereta api. Seringkali proses menunggu tersebut memakan waktu lama bahkan dalam hitungan jam. Tentu anda tidak ingin bengong saja selama waktu tersebut.

Dari beberapa kali pengamatan selama menunggu antrian servis motor jarang sekali para pengantri melakukan aktivitas (yang berguna) selama proses menunggu. Beberapa diantara mereka ngobrol dengan sesama pengantri sebagian lainnya mengusir jenuh dan bosan dengan menonton tayangan televisi yang sayangnya seringkali berupa infotainment ataupun sinetron. Ada juga yang bermain-main dengan handphone sambil memutar mp3.

 

Membaca dalam perjalanan (sumber: http://nform.ca)

Jarang sekali para pengantri tersebut menunggu gilirannya dengan membaca. Sering kali mereka menunggu antrian bahkan dengan tidak melakukan apapun, hanya menunggu. Padahal jika empat jam tersebut digunakan untuk membaca maka satu edisi koran bisa dihabiskan, setengah majalah bisa kelar dan paling tidak seratus duapuluh halaman novel/buku bisa diselesaikan.

Sebenarnya jika bahan bacaan tersedia beberapa orang lebih suka untuk membaca. Terbukti ketika aku membawa koran beberapa orang berinisiatif untuk meminjam. Mungkin bahan-bahan bacaan bukan prioritas bagi sebagian orang, tetapi ketika ia tersedia secara gratis maka orang akan terdorong untuk membaca.

Belajar dari pengalaman tersebut setiap akan mengantri aku selalu membawa beberapa bahan bacaan. Selain untuk dibaca sendiri dengan senang hati aku akan meminjamkan kepada sesama pengantri yang berminat untuk membaca.

Jadi jika anda akan mengantri atau bepergian jauh jangan lupa untuk membawa bahan-bahan bacaan. Tawarkan kepada orang di sekitar anda untuk membaca. Pasti akan ada informasi, pengetahuan, ide, ataupun hikmah yang akan mereka dapatkan. Selain itu anda telah berjasa menyebarkan minat membaca kepada orang-orang di sekitar anda. Semoga lain kali mereka akan terpikir untuk membawa bahan bacaan sendiri

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s