Negara Terkaya Di Dunia Yang Luput Dari Perhatian Dunia | Data-datanya ngawur

Hari ini ramai-ramai orang menyebarkan tulisan Berjudul “Negara Terkaya Di Dunia Yang Luput Dari Perhatian Dunia”. Sayangnya tidak banyak mengkritisi data-data yang disampaikan penulis tersebut. Sebagian orang lebih suka dengan unsur dramatis yang disampaikan penulis tersebut.

1. Negara ini punya pertambangan emas terbesar dengan kualitas emas terbaik di dunia. namanya PT Freeport. pertambangan ini telah mengasilkan 7,3 JUTA ton tembaga dan 724,7 JUTA ton emas. Tahukah anda bahwa total emas yang telah ditambang sepanjang sejarah manusia hanya 165.000 ton saja? Tahukah anda bahwa penghasil emas terbesar di dunia adalah China, Afrika Selatan, Australia dan Amerika Serikat (http://www.mbendi.com/indy/ming/gold/p0005.htm)
2. Negara ini punya cadangan gas alam TERBESAR DI DUNIA! tepatnya di Blok Natuna.

Jika memang blok Natuna yang memiliki cadangan gas terbesar kenapa peta Kaltim yang dipajang? Apalagi cadangan gas di Kaltim tidak disebut-sebut. Cadangan gas terbesar di dunia ada di Rusia, Qatar, Arab Saudi, Uni Emirat Arab. Indonesia hanya berada di urutan 11 (http://www.infoplease.com/ipa/A0872966.html)
3. Negara ini punya Hutan Tropis terbesar di dunia. hutan tropis ini memiliki luas 39.549.447 Hektar, dengan keanekaragaman hayati dan plasmanutfah terlengkap di dunia.

Tahukah anda bahwa hutan tropis terbesar di dunia adalah hutan Amazon di Brasilia? Posisi kedua ditempati hutan dataran rendah Kongo (Afrika tidak hanya melulu gurun Sahara) dan Indonesia berada di posisi ketiga (http://www.srl.caltech.edu/personnel/krubal/rainforest/Edit560s6/www/where.html) ( http://rainforests.mongabay.com/amazon/)

Jadi bagaimana anda menilai sebuah opini yang berlandaskan data-data yang tidak valid bahkan bisa dibilang ngawur?

Iklan

4 responses to “Negara Terkaya Di Dunia Yang Luput Dari Perhatian Dunia | Data-datanya ngawur

  1. Beberapa hari yang lalu saya juga baca tulisan ini di FB. Sepertinya yang nulis sedang emosi, jadi asal sebut saja. Saya sempat berpikir mengenai data data tersebut apakah akurat ?? Tapi saya tidak berusaha mencari klarifikasi. Mohon ijin untuk saya share ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s