Pentingnya tag/penanda dalam blog kita

Kecuali kita bermaksud menjadikan blog kita sebagai sebuah diari tentunya kita ingin agar blog/tulisan kita dibaca oleh sebanyak mungkin orang dengan harapan akan semakin banyak orang yang terinspirasi atau mendapatkan informasi. Untuk itu blog kita harus terindeks oleh mesin pencari, berhasil ditemukan oleh calon pembaca melalui mesin pencari dan isinya sesuai dengan informasi yang dicari/minat dari calon pembaca kita. Tag atau penanda berfungsi untuk ketiga hal di atas.

Blog ibaratnya menu dalam sebuah restoran. Kategori merupakan menu utama dan postingan di dalam masing-masing kategori merupakan sub-menu. Misalkan kita memiliki kaegori Rujak, maka kemungkinan sub menu (postingan) di dalamnya mengandung rujak cingur, rujak serut, rujak bebek, rujak gobet, dll.

Dalam postingan dengan judul (sub menu yang sama) ada kemungkinan isinya berbeda. Tag/penanda berfungsi untuk menunjukkan perbedaan tersebut. Ibarat rujak cingur, dengan adanya tag/penanda kita akan tahu apakah rujak cingur tersebut mengandung unsur mentahan atau tidak. Jika anda suka dengan mentahan maka anda bisa memesannya jika tidak maka tinggalkan saja .

Begitu juga dalam blog walking atau pencarian kita, bisa jadi judul sebuah posting sesuai dengan informasi yang sedang kita cari  tetapi untuk memastikan lagi jeroan dari postingan pun tersebut kita memerlukan tag/penanda. Seringkali seseorang memutuskan untuk tidak melanjutkan membaca sebuah postingan karena menilai isinya tidak relevan. Nah tag/penanda berguna untuk mencegah hal tersebut.

Keep posting but don’t forget tagging

Iklan

2 responses to “Pentingnya tag/penanda dalam blog kita

  1. Kadang aku sampai sekarang masih binggungantara kategori dan tag. Jadinya di tulisan ku selalu gak terkontrol 😳

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s