Media Indonesia semakin ceroboh | Uji EMI

Mungkin anda sering terkagum-kagum dengan Media Indonesia yang terkenal kritis dengan editorialnya. Namun mereka memiliki kelemahan besar ketika menuliskan berita-berita yang berkaitan dengan masalah geografi maupun teknologi. Beberapa kali mereka membuat kesalahan konyol dan memalukan yang seharusnya tidak boleh terjadi untuk media sekelasnya.

Kesalahan mengartikan EMI

Hari Kamis kemarin, 90 September 2010, kembali mereka membuat kesalahan terkait dengan standar pengujian produk elektronik (laptop). Mereka menerjemahkan uji EMI sebagai electrnic and musical industries.

Bertahun-tahun saya berkecimpung di industri elektronik baru kali ini ada pengujian yang bernama electrnic and musical industries. Selama ini uji EMI yang ada di industri elektronik berarti Electromagnetic Interference.

Uji ini bermaksud mengetahui kerentanan sebuah perangkat elektronik dari radiasi atau konduksi elektromagnetik yang berasal dari luar perangkat tersebut. Contoh paling mudah ditemui dari kasus EMI adalah gangguan penerimaan sinyal berupa garis-garis pada layar televisi ketika ada motor lewat. Hal itu disebabkan sistem pengapian motor (motor lama non-CDI) mengeluarkan radiasi elegtromagnetik yang mengganggu sinyal televisi.

Mungkin si redaksi kurang mengerti masalah elektronik dan bermaksud mencari kepanjangan dari EMIdi Google. Sayangnya dia melirik artikel yang salah sehingga EMI diartikan sebagai electrnic and musical industries.

Hasil pencarian kata kunci EMI di Google

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s