Mengajak anak mencintai buku|Ensiklopedi Bocah Muslim

Dr. Karlina Leksono Supelli

“Mengapa orang terus saja mengingat buku?… pada usia 6 atau 7 tahun, kucoba membaca Robinson Crusoe…, tetapi sisi-sia; buku itu tidak menarik…, tetapi buku itu penuh gambar-gambar… Lama sesudah itu, buku itu kubaca lagi… jika teringat pada buku itu maka aku pertama-tama selalu terkenang pada kalimat di bawah gambar… Pada usia 7 sampai 8 tahun: pertemuan pertama dengan pelaut… Dari usia 9 sampai 11 tahun: serdadu-serdadu dari Perang Krim… Dari usia 12 sampai 15 tahun: De Drie Musketeer… Kapan jenis pahlawan pertama lenyap dari pikiranku? Barangkali sekarang pun belum.”

Kutipan di atas diambil dari penemuan sastra, tulisan Du Peron (1899-1940) dalam kumpulan karangan berjudul Menetukan Sikap. Sebuah tulisan menceritakan gairah penemuan saat membaca. Diceritakan juga proses membaca masa kecil dan remaja yang membuahkan putusan hidup pada masa dewasa. Ada buku-buku yang dipilihkan oleh orangtuanya, tetapi lebih banyak lagi yang dia ambil sendiri dari kotak buku ayahnya.

Mata anak adalah mata warna-warni yang selalu takjub memandang dunia.

Buku merupakan salah satu pintu untuk memasuki dunia itu. Tentu saja, ada banyak buku yang tidak menarik bagi anak-anak, bahkan ada pula yang membuat ngeri. Akan tetapi, tidak sedikit buku yang membawa kegembiraan dan menantang rasa ingin tahu lebih jauh.

Masalahnya bukan itu saja.

Ketika di hadapan kita tersedia buku-buku bagus dan bermutu, yang mampu memesona mata anak, merangsang benaknya, membuat peka perasaaannya, serta menghidupkan jiwanya, masalah sedikit lebih sederhana. Cukup legakah waktu yang mau kita sediakan bagi anak-anak sehingga buku sungguh menjadi bagian dari proses mendidik?

Ensiklopedi Bocah Muslim dirancang untuk membantu anak-anak mengenal alam, diri dan lingkungan manusia sekitarnya. Bukan hanya itu, buku ini menjadi pintu yang akan membuka anak belajar mengenai kehidupan. Itu pun jika orang dewasa, antara lain orangtua bersedia menjadi teman paling awal bagi anak ketika  membuka pintu itu.

Dengan kehangatan dan kesabaran orang, tiap kotak, tiap kolom, tiap warna, tiap kata, dan bunyi dalam buku ini dapat mengisi sebagian ketakjuban anak saat menatap dunia. Pada saatnya, kita akan menyadari betapa buku dapat membantu anak menjadi manusia dewasa yang mengerti pilihan dan makna hidupnya

Jika anda tertarik dengan Ensiklopedi Bocah Muslim, silahkan menghubungi

Irawan, 085814212800, agoengh@gmail.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s