Memasak itu mudah

Tidak bisa memasak atau malas memasak? Tiba-tiba saja terbersit pertanyaan tersebut setelah membaca blog seseorang tentang kebiasaannya menghangatkan makanan di waktu sahur dengan alasan dirinya tidak bisa memasak. Sesulit itukah memasak makanan ?

Beberapa makanan sebenarnya sangat mudah dimasak dan komposisi bumbu-bumbunya pun sangat mudah didapatkan dan diolah. Selain mudah banyak diantaranya yang bisa disajikan dalam hitungan menit. Artinya alasan kesibukan tidak bisa lagi dijadikan alibi orang-orang yang merasa tidak bisa memasak. Ini berlaku bagi laki-laki dan perempuan.

Ketrampilan memasak tidak hanya monopoli perempuan. Laki-laki juga harus pandai (bisa) memasak. Minimal beberapa masakan sederhana. Ketrampilan ini merupakan bagian dari survival skills ketika kita jauh dari keluarga atau bisa juga ketika pembantu sedang pulang kampung.

Selain itu seringkali kita tidak bisa mengandalkan menu masakan dari warung yang itu-itu saja. Atau barangkali rasanya tidak sesuai dengan lidah kita. Bisa juga komposisinya kurang memuaskan kita. Nah, jika anda menjumpai hal-hal tersebut saatnya anda mencoba untuk mulai memasak. Apalagi jika anda tinggal di rumah sendiri dimana peralatan memasak tersedia lengkap.

Bumbu masak (sumber: ri-wi.blog.friendster.com)

Bumbu universal

Orang Indonesia dan orang-orang Asia lainnya termasuk penggemar masakan yang berempah/pedas/spicy. Yang disebut bumbu universal adalah bumbu-bumbu yang ada pada sebagian besar masakan. Bumbu tersebut antara lain : garam, gula, bawang merah, bawang putih, cabai dan penyedap makanan (vetsin/MSG).

Dengan menambahkan dan mengurangi salah satu bumbu dasar tersebut kita sudah bisa memasak berbagai makanan. Contoh, jika bumbu dasar kita tambahkan merica maka jadilah bumbu sup. Jika bumbu dasar kita kurangi bawang putihnya maka kita bisa memasak sayur bayam (sebagian orang masih ditambah dengan temu kunci). Jika bumbu dasar tersebut kita tambahkan terasi dan kecap maka kita bisa membuat tumis. Jika bumbu tumis tersebut kita tambahkan cabai dalam jumlah besar dan irisan tomat, maka kita bisa mebuat sambal. Jika bumbu dasar kita tambahkan kunyit dan ketumbar maka kita bisa membuat aneka gorengan. Jika bumbu dasar kita tambahkan irisan daun bawang maka kita bisa mebuat bakwan.

Jadi terbukti bahwa memasak tidak sesulit yang kita bayangkan. Jangan lupa jika anda memasak untuk pasangan tercinta (istri/suami) tambahkan lagi sebuah bumbu penyedap yang bernama CINTA.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s