Rute gowes Cikarang – Bojongmangu – Teluk Jambe Barat

Hari Jumat aku berencana untuk napak tilas rute bersepeda ke Bumi Perkemahan Karangmulya sekaligus hendak mencari lokasi Situ Abidin. Minggu pagi setelah selesai masak aku mempersiapkan si Astri. Jam 7:15 akhirnya berangkat.

Setelah ada proyek perluasan Delta Silicon II kini jadi lebih mudah menuju Cicau, sebelumnya harus memutar lewat Serang dulu. Kini bisa melalui jalan akses milik Pertamina, sumur gas Jatirarangon I.

Begitu sampai di pertigaan Gardu Induk Cibatu sepeda kuarahkan ke kanan. Ini adalah salah satu rute favoritku, jalan beton mulus dengan kombinasi dari tanjakan dan turunan. Bekasi bagian tenggara memang topografinya berbukit-bukit. Meskipun rute gowes ini didominasi jalan beraspal atau beton namun sensasi tanjakan dan turunannya menggoda kita untuk melahapnya dengan cepat. Hal ini didukung oleh kondisi jalan yang relatif sepi.

Sampai di pertigaan Medal Krisna aku masih memiliki memori tentang jalan-jalannya. Sampai di Sukamukti energi masih cukup banyak untuk melibas tanjakan dan turunan tetapi aku lupa-lupa ingat detil rutenya. Setelah beberapa lama aku mulai curiga bahwa aku menempuh rute yang salah. Ini setelah aku mengamati bola kompas di setang sepeda. Untuk menuju Bojongmangu seharusnya ke arah SE (South East –Tenggara), lha ini kok selalu menuju E (East-Timur) dan NE  (North East-Timur Laut). Selain itu walaupun masih ada beberapa tanjakan tetapi turunannya elalu lebih dominan.

Rute gowes/sepeda Cikarang – Bojongmangu – Pangkalan

Jangan-jangan…. yahh memang aku sedang menuju lembah sungai Cibeet. Pantas saja jalannya selalu menrun. Aku memastikannya setelah bertanya ke penjual makanan di tepi jalan bahwa rute yang kutempuh menuju ke Karawang atau Pangkalan. Karena sudah capek kuputuskan untuk melanjutkan saja rute kali ini. Setidaknya aku mendapatkan rute dan pengalaman baru.

Selepas Pasir Ranji dan Bendungan Cibeet didominasi oleh trek rata dengan pemandangan yang sedikit membosankan. Sampai di saluran irigasi Tarum Barat (Kalimalang) aku bertemu dengan Om Indra, goweser yang sedang menuju ke Karawang. Sambil melepas lelah dan menghilangkan dahaga kami mengobrol cukup lama.

Kalimalang seksi Karawang – Cikarang Pusat ternyata masih banyak yang belum diperkeras dengan aspal atau beton. Atas saran Om Indra aku mengambil jalan di sebelah kiri saluran. Walaupun becek tetapi kubangannya tidak sebesar di sebelah kanan Kalimalang. Akhirnya jam 10:45 di rumah dengan selamat.

Detail rute: Taman Cibodas – Ruko Ventura – Delta Silicon II – Cicau – Gardu Induk Cibatu – Nagasari – Medalkrisna – Sukamukti – Sukabungah – Pasir Ranji – Bendungan Cibeet – Wanakerta – Wanasari – Kalimalang (Raya Pangkalan – Delta Mas – Cibatu) – Cibiru – Taman Cibodas.
Jarak total : 42,61 km
Kecepatan rata-rata: 17.7 km/jam
Waktu tempuh: 2:23’

Tinggalkan Balasan

