Sparepart (komponen) Polygon Astroz | AA Bike Cikarang

Biasanya barang-barang berkualitas tinggi (mahal) lebih sulit dicari daripada barang-barang yang biasa (murah). Tetapi hal ini tidak berlaku di Rodalink. Di Rodalink justru susah mencari barang-barang biasa. Segmen pasar mereka sepertinya memang untuk kategori menengah ke atas.

Hal ini kualami ketika aku hendak mengganti ball bearing, bottom bracket dan rear derailleur dari sepedaku, Polygon Astroz. Astroz memang merupakan salah satu kasta terendah dari seri sepeda Polygon. Walaupun Rodalink merupakan distributor resmi dari Polygon tidak semua komponen-komponen kasta rendah tersedia di toko mereka.

Lokasi AA Bike Cikarang

Beruntung ada AA Bike di Delta Mas. Ketika aku berkunjung ke sana semua komponen yang kucari tersebut tersedia. Yang pertama kuganti adalah bottom bracket karena dugaanku bunyi tikus yang ada pada sepedaku dari bottom braket. Ketika dibuka ternyata banyak sekali kotoran yang bersarang di BB, belum lagi air terkumpul di situ, ketika diperiksa memang sudah kendor semua.

Begitu diganti BB baru terasa lebih mulus dan halus engkolan gowesku. Tapi bunyi tikusnya kok masih belum hilang? Sudahlan karena waktu hampir malam lain kali saja ganti komponen yang lain. Akhirnya hari Sabtu aku kembali lagi ke AA Bike. Kali ini misiku adalah mengganti sprocket dan ball bearing. Dugaanku memang benar. Setelah diganti sprocket maka tidak ada lagi bunyi tikus. Kali ini gowesku meluncur dengan mulus…. lus.

Total komponen yang kuganti adalah sbb:

– Bottom bracket : Shimano UN-26 117 mm (BB kotak), harga 75.000

– Rear derailleur : Shimano Tourney 7-speed, harga 75.000

– Sprocket : Shimano MF-TZ21 7-speed, harga 95.000

– Ball bearing : pelor/peluru untuk hub depan dan belakang, harga 10.00.

Shimano UN26 - Bottom Bracket (sumber: mtbr.com)

AA Bike adalah toko dan bengkel sepeda milik Kang Agus Sholihin (Kang Asol). Nama Kang Asol sudah tidak asing lagi bagi goweser Cikarang. Bisa dianggap Kang Asol adalah juru kunci Cikarang MTB Route yang terkenal dengan bukit Teletubbies-nya. Seringkali goweser Cikarang berkumpul di AA Bike sebelum atau setelah melibas rute-rute di sekitar Delta Mas atau Cikarang Pusat.

Iklan

3 responses to “Sparepart (komponen) Polygon Astroz | AA Bike Cikarang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s