Cikarang MTB route setelah hujan – Tanjakan Manohara

Aku punya pengalaman buruk dengan trek Cikarang MTB setelah hujan sampai-sampai ban menjadi donat dan tidak bisa jalan sehingga justru si sepeda yang menaiki pemiliknya alias dipanggul. Pagi ini beberapa teman minta ditemani untuk melahap trek Delta Mas MTB. Walaupun sehari sebelumnya mereka gowes ke Senayan tetapi keinginan untuk segera mengupgrade skill dan torsi dengkul mengalahkan rasa capek. Sempat ragu-ragu karena takut akan terjadi panggul bike lagi.

Cikarang MTB route - rute pendek

Meski basah kami tertolong oleh rumput tebal yang tumbuh di sepanjang trek. Efeknya kami justru harus berjalan di luar trek. Trek yang ada hanya sebagai pemandu, tidak bisa dilalui karena basah, licin, akibat menjadi selokan alami bagi air hujan. Handling dan ancang-ancang berperan penting untuk melibas trek ini.

Aku dan beberapa pemilik sepeda yang masih memakai V-brake menjadi miris karena lumpur berpasir yang menempel pada rim membuatnya seolah-olah diamplas ketika direm. Bunyinya benar-benar mirip dengan bunyi ketika aluminium atau besi sedang diamplas. Ini adalah ujian pertama.

Pematang sawah sempit - 12 meter yang menantang

Ujian kedua adalah pematang sempit yang menghubungkan dua sisi hutan akasia (hutan Jinjing/Jengjeng/Jingjing). Sebenarnya treknya tidak terlalu sulit meski cukup licin. Sawah basah yang berada di kanan kiri rupanya menciptakan hambatan psikologis yang mengganggu konsentrasi dan keseimbangan kami. Beberapa orang gagal melewatinya dan tercebur ke sawah.

Setelah itu kami melintasi bagian dalam hutan. Banyak trek yang menjadi lembek sehingga beberapa kali roda kami terbenam ke dalam lumpur. Lagi-lagi harus keluar trek agar tertolong oleh tebalnya rumput.

Ujian ketiga adalah tanjakan Manohara yang terkenal dengan tanjakan curam yang berkelok-kelok dengan kemiringan cukup terjal. Sayangnya trek sangat licin dan sebagian besar rusak oleh aliran air. Beberapa segmen bisa digowes tetapi sebagian besar harus tuntun bike. Dari kejauhan memang kelihatan tidak seberapa tinggi tetapi begitu dilibas ternyata cukup terjal dan sangat menguras energi. Kesimpulannya, melibas tanjakan Manohara setelah turun hujan adalah cari perkara. 🙂

Tanjakan manohara

Persediaan air yang sudah menipis dan matahari yang sangat terik membuat kami memutuskan untuk memperpendek rute dan turun ke kampus ITB. Sedianya kami akan menyusuri tepian sungai Cibeet dan melibas bukit Teletubbies 5. Walaupun hanya 6 km tetapi semua orang mengakui trek kali ini cukup berat dan menguras energi.

Sukses menaklukan manohara

Iklan

4 responses to “Cikarang MTB route setelah hujan – Tanjakan Manohara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s