Ikatlah ilmu dengan menuliskan dan mengajarkannya

Ali bin Abi Thalib pernah berkata, “Ikatlah ilmu dengan menuliskannya.” Apakah cukup? Bagaimana jika kalimat tersebut kita tambah sehingga menjadi, “Ikatlah ilmu dengan menuliskan dan mengajarkannya.”

Menuliskan ilmu yang kita peroleh memang akan mengikatnya dalam otak kita karena dalam proses menulis terdapat dua aktivitas yakni visual dan kinestetik. Berbeda misalnya jika kita hanya mendengar atau membaca saja. Menurut teori pembelajaran semakin banyak aktivitas yang terlibat dalam proses belajar maka akan semakin mudah kita menangkap dan semakin kuat ingatan kita.

Jika kita berhenti sampai di sini maka ilmu yang kita punya tersebut akan berhenti sampai di situ saja, tidak berkembang. Ilmu yang kita miliki akan berkembang jika setelah menuliskannya kita juga mengajarkannya.

 

Mengajar (www.ibmb.uni.wroc.pl)

Ketika kita menjadi seorang pengajar maka secara otomatis kita akan dituntut untuk menguasai materi lebih mendalam. Untuk itu dia harus lebih banyak membaca referensi, studi kasus, contoh-contoh, aplikasi dan sebaginya yang pada ahirnya akan mengembangkan pemahaman dan wawasannya tentang ilmu tersebut.

Seringkali dalam proses mengajarkan ilmu (yang tidak konvensional/satu arah) timbul diskusi, perdebatan danl pertanyaan yang justru akan memperkaya wawasan baik bagi si pengajar maupun yang diajar. Jika proses ini berlangsung terus menerus maka si pengajar akan menjadi pakar di bidangnya. Bukan hanya menyampaikan hal yang sama berulangkali tetapi tiap kali dia menyampaikan maka terdapat pengembangan dari ilmu sebelumnya

2 responses to “Ikatlah ilmu dengan menuliskan dan mengajarkannya

  1. Assalamu’alaikum
    Salam Perkenalan

    Nama saya Moh.S.Hakim biasa di panggil “Hakim” saja. Saya seorang Arsitek dan pernah sebagai Pengajar di FTUI ARS. Pagi ini saya mencari informasi mengenai Cikarang untuk kebutuhan pekerjaan saya sebagai Konsultan Perencanaan dan Studi Wilayah, dan ternyata data yg saya dapatkan melalui blog Bapak sangat baik, rinci dan dengan bahasa yg sangat komunikatif.

    6 tahun belakangan ini saya mulai senang menulis, dan sering travelling ke daerah-daerah Indonesia untuk survei POTENSI wilayah, yang menurut saya, Indonesia ini negara penuh “Berkah”, tanahnya subur, hasil laut melimpah, Alamnya sangat Indah dan sangat Kaya serta beragam Adat Budaya yang bila dapat dituliskan melalui blog dan bisa menjadi bahan Informasi yang sangat “Kaya” dan “Bangga” sebagai “Orang Indonesia”, namun sayangnya saya “gaptek” masalah membuat Blog.

    Selain itu, saya sangat terkesan dengan tulisan Bapak mengenai : Ali bin Abi Thalib pernah berkata, “Ikatlah ilmu dengan menuliskannya.” Apakah cukup? Bagaimana jika kalimat tersebut kita tambah sehingga menjadi, “Ikatlah ilmu dengan menuliskan dan mengajarkannya.”

    Hati kecil saya tergugah untuk “memulai” dan bisa menulis seperti bapak melalui “Blog”.

    Berkaitan dengan perkenalan ini, perkenankanlah saya untuk belajar kepada Bapak, bagaimana untuk memulai membuat Blog.

    Semoga perkenalan ini dapat menyambung tali silaturahmi

    Wassalamu’alaikum
    Moh.S.Hakim

    • Waalaikumsalam.
      Salam kenal juga.

      Terima kasih atas pujiannya untuk blog ini. Masih jauh dari bagus 🙂

      Dengan latar belakang akademik, pengalaman berkunjung ke berbagai daerah dan pekerjaan sebagai konsultan, saya yakin Mas Hakim mempunyai potensi dan bahan-bahan untuk dijadikan tulisan di dalam blog. Jika tiga hal tersebut bisa diolah dengan baik saya yakin blog-nya nanti akan sangat bagus. Lebih bagus daripada blog saya yang hanya menulis sekedarnya saja.

      Bloging tidak serumit dan sesulit yang dibayangkan. Yang paling sulit justru mencari bahan tulisan.

      Saya senang jika mereka yang tersesat ke blog ini mendapatkan informasi yang berguna dari sini.

      Saya tunggu blog dari Mas Hakim.

      Wassalam

Tinggalkan Balasan

