Upgrade dengkulmu sebelum meng-upgrade sepedamu

Tidak bisa dipungkiri bahwa dengkul memegang peranan lebih utama dibanding sepeda. Banyak sekali contoh goweser dengan sepeda biasa tetapi karena memiliki dengkul lebih powerful mengungguli mereka dengan sepeda yang lebih bagus.

Meski nafsu upgrade sudah ditahan-tahan tetapi ada suatu saat dimana kita akan berkata, “You have reached your limit” kepada sepeda kita. Dengan semakin tingginya jam terbang kita dan semakin luas dan jauhnya daerah jelajah kita maka kita akan menemukan lintasan-lintasan yang memang harus dilalui dengan sepeda yang lebih mumpuni.

Polygon Astroz - frame-nya tidak cukup lebar untuk memberi ruang bagi tanah yang menempel ke roda

Contoh paling gampang adalah saat kita menemui tanjakan terjal yang mungkin akan membuat kita ngap-ngapan jika dilahap dengan 7 speed. Atau sebuah turunan curam dalam kondisi hujan dimana V-brake tidak mampu mengerem laju sepeda. Dalam kondisi tersebut tangan kita akan lebih cepat capek karena untuk mendapatkan efek pengereman yang sama V-brake membutuhkan cengkeraman jari yang lebih kuat dibanding discbrake. Akibatnya handling kita juga akan menurun karena konsentrasi dan tenaga kita terbagi untuk pengereman. Hal ini tentu saja riskan bagi keselamatan walaupun kita sudah berusaha berhati-hati.

Polygon Cozmic CX1.0 (2011 series) - harga 4.300.000

Belum lagi trek-trek XC dengan tanah liat yang sangat lekat membuat ban kita menjadi donat. Tanah-tanah tersebut akan tersangkut dan mengumpul di frame/V-brake sehingga sepeda tidak bisa lagi dikayuh. Hanya sepeda dengan tail yang cukup lebar dan memakai disc-brake bisa melibas trek semacam itu.

Si Astroz sudah membuktikan walaupun dia termasuk kategori sepeda XC entry level tetapi dia mampu mengimbangi sepeda-sepeda dengan spec yang lebih tinggi. Empat tahun sudah sepeda ini menemaniku B2W maupun XC. Dan selama itu dia masih dalam kondisi perawan alias tidak tersentuh virus upgrade sama sekali. Beruntung pemiliknya adalah penganut aliran dengkul upgrader.

Namun kini dengan berat hati aku harus berkata, “Kemampuanmu sudah mencapai kondisi maksimal dan sudah saatnya kamu digantikan yang lebih tinggi spec-nya.” Pilihan itu jatuh antara Cozmic 1.0 (harga 4.300.000) atau Cozmic 2.0 (harga 5.500.000). Kedua sepeda tersebut memenuhi kebutuhanku akan sepeda dengan performa dan reliability yang lebih tinggi dari Astroz. Sepeda yang bisa diajak ke medan yang lebih ekstrim. Meski demikian karena harganya yang dua kali lipat Astroz maka harus pandai-pandai mengatur budget dan bisa jadi si Astroz akan menemaniku lebih lama :).

Polygon Cozmic CX2.0 (2011 series) - harga 5.500.000

Xtrada series juga layak dipertimbangkan oleh para pemula yang memiliki bujet terbatas. Xtrada memenuhi syarat untuk diajak ke medan cukup berat terutama Xtrada 2011 series 4.0 (8-speed) dan 5.0 (9-speed).

Polygon Xtrada4.0 (2011 series) - harga 3.525.000

*gambar-gambar diambil dari situs polygoncycle.com

Iklan

3 responses to “Upgrade dengkulmu sebelum meng-upgrade sepedamu

    • wahh, ini sepeda bagus sekali. cx5.0 adalah kasta tertinggi dari cx series. sepertinya harus membeli sepatu khusus sepeda atau pedalnya diganti dengan pedal biasa.

      sepeda sudah bagus jangan lupa dengkulnya juga dibikin bagus. sayang kalo sepeda sebagus itu hanya dipakai keliling komplek/perumahan saja. segera cari dan explore lintasan/track yang cukup menantang. selamat gowes

  1. Ping-balik: Harga Sepeda Polygon Thunder 300 - Sepedaku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s