Kesibukan dan kerumitan dibalik peluncuran produk baru

Ada banyak kesibukan dengan melibatkan puluhan bahkan ratusan orang sebelum produk baru meluncur ke pasar.

Berawal dari tahap desain produk, para perancang produk yang menerima input berupa tren warna, gaya hidup, selera pasar dan perkembangan teknologi terkini berusaha mewujudkan sebuah produk baru berupa sketsa maupun purwarupa (prototype) kasar. Setelah itu dimulailah proses desain virtual dengan perangkat CAD (Computer Aided Design). Pada proses ini inputnya adalah dimensi produk, spesifikasi, regulasi, dan proses perakitan. Setelah proses ini selesai maka purwarupa halus yang sesuai dengan bentuk akhir yang diinginkan bisa dibuat.

Setelah purwarupa tersebut disetujui maka dimulailah proses pembuatan cetakan atau mold. Ini adalah salah satu proses rumit yang melibatkan biaya dan tenaga yang besar. Untuk mendapatkan bentuk, kualitas finishing dan dimensi yang diinginkan dibutuhkan beberapa kali percobaan. Setelah bentuk, kualitas dan dimensinya sesuai dengan desain maka harus dicoba lagi dalam proses perakitan. Ini untuk memastikan bahwa komponen-komponen tunggal yang sudah memenuhi kriteria desain berfungnsi dengan baik ketika dirakit.

Alur pengembangan produk baru

Kini kita tiba pada proses verifikasi. Produk baru tersebut dirakit pada lini perakitan yang sesungguhnya. Lalu departemen pengontrol kuailtas menguji produk-produk tersebut sesuai dengan standar perusahaan, standar nasional dan standar negara tujuan ekspor. Jika ada masalah kualitas maka departemen riset dan pengembangan harus segera membuat perbaikan. Begitu produk baru lolos dalam proses verifikasi maka ia siap untuk diproduksi secara massal.

Selanjutnya adalah tugas dari departemen pemasaran untuk memasarkan dan memperkenalkan serta menunjukkan keunggulan dari produk baru tersebut ke konsumen. Dari tahap desain sampai dengan produksi massal setidaknya dibutuhkan waktu empat bulan untuk sebuah produk televisi LCD.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s