Jargon perusahaan Korea

Berikut ini adalah beberapa istilah yang ada dalam operasi bisnis perusahaan Korea:
– breakthrough
– value innovation
– fast execution
– tear down and redesign
– stretch goal
– cost innovation

Terbukti bahawa implementasi dari jargon-jargon tersebut  membuat perusahaaan-perusahaan Korea mampu bersaing secara global. Tidak heran jika perusahaan-perusahaan Korea bisa menggeser dominasi perusahaan-perusahaan Eropa maupun Jepang di pasar Dunia.

Perusahaan berskala global dari Korea Selatan

Untuk kategori produk elektronik dan kapal mereka sudah menggeser Jepang dari puncak klasemen. Samsung dan LG merajai pasar TV (LCD, Plasma, CRT – menggeser posisi Sony, Toshiba dan Sharp) dan produk-produk elektronik lainnya seperti AC, lemari es, mesin cuci dan vacuum cleaner. Sementara untuk telepon seluler mereka menguntit Nokia dengan berada di posisi kedua dan ketiga. Hyundai kini mengintai pangsa pasar Toyota di Amerika Utara dengan mengambil momentum penarikan produk-produk Toyota. Sementara itu Busan menjadi kota dengan galangan kapal terbesar di dunia.

Sejalan dengan hal tersebut budaya pop Korea juga mulai menginvasi negara-negara di kawasan Asia (Korean wave) mulai awal dekade ini. Kini tidak sulit bagi kita untuk menikmati drama televisi Korea yang banyak diputar di stasiun TV di Indonesia.

Jika saja hal ini diimplementasikan di birokrasi pemerintahan Indonesia tentu hasilnya akan luar biasa (seperti yang sudah dilakukan Korea Selatan dan Singapura).

Harus kita akui memang ada beberapa daerah di era otonomi ini yang sudah mengimplementasikan esensi dari jargon-jargon tersebut walaupun mereka tidak menyatakan secara eksplisit. Kita ambil contoh Sragen, sebuah kabupaten di Jawa Tengah dari sebuah daerah minus dan terbelakang berhasil mereformasi diri menjadi salah satu kabupaten terdepan dengan nilai investasi yang tinggi.

Mereka melakukan terobosan (breakthrough) dalam memproses periinan untuk mendirikan usaha /menanamkan modal. Proses perijinan dipangkas (redesign) dan waktunya dipercepat (fast execution), sehingga dalam waktu sehari seseorang sudah bisa mendapatkan ijin usaha.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s