Bunga Es|Jangan mengikisnya dengan benda tajam

Untuk menekan harga pada kulkas satu pintu biasanya tidak memiliki fitur de-frost. Fitur de-frost membutuhkan tambahan mekanisme dan sirkuit yang tentunya akan membuat harga kulkas satu pintu tidak kompetitif. Karena itu fitur de-frost biasanya hanya di jumpai pada kulkas 2 pintu ke atas.

Maka untuk menghilangkan bunga es pada kulkas satu pintu harus dilakukan secara manual. Yaitu dengan mengeluarkan isi kulkas, mematikan suplai listrik, dan membuka pintunya lebar-lebar. Tentu saja hal ini merepotkan dan membutuhkan waktu lama.

Kulkas dua pintu - LG

Karena tidak sabar dan bunga es sudah sangat tebal maka aku mengikisnya dengan pisau dan palu karet. Bunga es yang menempel kukikis pelan-pelan dengan pisau sebagai pahat. Walaupun sudah diperingatkan dalam buku manual agar tidak melakukan hal tersebut aku melakukannya dengan percaya diri karena bunga es sudah sangat tebal (sekita 3 cm). Kalupun kukikis 2,5 cm masih ada sisa jarak yang cukup aman dengan dinding freezer.

Cess…cess…cess! Bunga es pun berguguran. Sedikit demi sedikit ketebalan bunga es berkurang. Karena terlalu asyik membuatku kurang hati-hati ketika mengikis bongkahan terlalu besar. Karena agak keras kupukul dengan tenaga lebih. Lalu tiba-tiba….. CEEESSSSS……!!!!!! Gas berwarna putih memancar deras dengan suara mendesis. Reflek segera kutarik tanganku dan kututup pintu kulkas. Masih beruntung tanganku tidak terkena semburan refrigeran yang bisa mengakibatkan frost-bite.

Apa yang diperingatkan buku petunjuk menjadi kenyataan. Dinding kompartemen freezer berlubang dan refrigeran menyembur keluar sampai habis.

Jangan pernah mengikis bunga es dengan benda-benda tajam.

Iklan

4 responses to “Bunga Es|Jangan mengikisnya dengan benda tajam

    • setahu saya selama lemari esnya tidak memakai pengharum tidak ada efek samping dari mengkonsumsi bunga es. buga es adalah uap air dari makanan yang tersimpan dalam lemari es yang membeku.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s